Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » Bimtek Bagi Guru MI Darunnajah 2 dan At Taufik

Bimtek Bagi Guru MI Darunnajah 2 dan At Taufik

Banyuwangi (Warta Blambangan) Bimtek P5RA MI Darun Najah II Dan MI At Taufik

Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Darun Najah II dan MI at Taufik kecamatan Banyuwangi tingkatkan kompetensi guru dengan melaksanakan Bimtek Projek Profil Pelajar Pancasila Dan Rahmatan lil Alamin (P5RA) bagi Guru MI Darun Najah II dan MI at Taufik kecamatan Banyuwangi Kamis (5/09/2024) di MI At Taufik Sumberejo Kecamatan Banyuwangi yang diikuti sebanyak 25 tenaga pendidik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat yang membuka kegiatan ini memberikan pesan kepada peserta Bimtek. 


“Kegiatan Bimtek harus berorientasi untuk peningkatan kompetensi, kapabilitas, dan skill tenaga pendidik sebagai fasilitator dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik, bukan hanya untuk menambah koleksi sertifikat saja, dan yang tidak kalah penting adalah tindak lanjut dari Bimtek yang harus diaplikasikan dalam proses pembelajaran” kata orang nomer satu di Kantor kemenag Banyuwangi yang akrab dipanggil kang Roni.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Pengawas Sekolah Muda Tk Dasar pada MI, Mohamad Saerofi menyampaikan materi P5RA dan mendampingi peserta pelatihan dalam merencanakan hingga menyusun modul projek. Peserta Bimtek dibimbing untuk mengikuti Alur Perencanaan P5RA mulai dari membentuk Tim, mengidentifikasi kesiapan Satuan Pendidikan, menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun modul dan merancang strategi pelaporan . Sedikit perbedaan dalam projek Kurikulum merdeka di madrasah adalah tambahan Projek Rahmatan Lil aalamin (RA) yang dijabarkan dalam beberapa sub elemen seperti Tawassuth, Tawazun, Qudwah, Musawah, Ta’adub, Muwatanah, Tasamuh, I’tidal, Tathawwur wa Ibtikar. Sub elemen- sub elemen ini merupakan nilai lebih yang harus tersampaikan pada peserta didik di madrasah.

Kolaborasi antar dua KKG madrasah di kecamatan Banyuwangi ini baru pertama kali dilakukan. Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah menyampaikan bahwa banyak manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan ini. Disamping untuk menjalin silaturrahim antar tenaga pendidik, juga untuk menjalin kerjasama dan take and give antar guru dan diharapkan kerjasama ini berlanjut pada kegiatan-kegiatan berikutnya terutama dalam pengembangan kurikulum di madrasah.(eni)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog