Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » , » Mahasiswa Untag Banyuwangi ikuti Bedah Buku pada Jambore Literasi.

Mahasiswa Untag Banyuwangi ikuti Bedah Buku pada Jambore Literasi.


Perkuliahan di luar Kampus Mahasiswa FISIP Untag Banyuwangi diisi dengan mengikuti Bedah Buku Novel dengan Judul Rembulan di Pucuk Cemara karya Sulistyowati pada Jambore Literasi Banyuwangi Book Fair hari kesembilan, Jumat (14/10/2022) di Gedung Juang Banyuwangi..

Dosen Bahasa Indonesia Untag Banyuwangi Muttafaqur Rohmah menyampaikan bahwa sengaja para Mahasiswa diajak kuliah diluar kampus untuk ikut bedah Sastra agar Mahasiswa membaca Novel bukan hanya menikmati alur ceritanya saja, tetapi juga niilai Sastra maupun  nilai sosial yang terkandung di dalamnya.


Selain menghadirkan sang Penulis yang didampingi Kepala MTsN 1 Banyuwangi Salman, juga para penulis handal dari Banyuwangi, seperti Nurul Ludfia Rochmah, Guru MAN 1 Banyuwangi yang telah menerbitkan lebih dari 20 judul buku, juga Dosen Untag Banyuwangi Muttafaqur Rohmah serta Ketua Komunitas Lentera Sastra Syafaat.
Sang penulis menyampaikan bahwa inti novel yang ditulisnya merupakan kisah tentang perjodogan dengan teman kecil yang sempat ditolak. Sulistyowati menyampaikan bahwa ada filosofi tersendiri dari judul novel yang ditulisnya.

Dalam kesempatan tersebut Sulis juga bertanya kepada peserta.
^maukah anda di jodohkan ?"
Para Mahasiswa menjjawab kompak tidak.
Tetapi ketika Narasumber dari MAN 1 Banyuwangi menyampaikan bagaimana jija dijodohkan dengan orang yang keren, alim dan mapan, para Mahasiswa kompak diam.

Dalam sesi tanya jawab, para peserta berebut menyampaikan berbagai pertanyaan, mereka antusias ingin mencoba menjadi penulis 
Seperti yang ditanyakan Putri dari Unej Jember tentang penerbitan buku.
Syafaat menyampaikan bahwa saat ini lebih mudah menerbitkan buku, terutama penerbit indie.
"Selain menerbitkan karya dalam bentuk buku, juga dapat dalam bentuk e-book maupuun disebarkan melalui media online maupun medua cetak" ungkapnya.
Syafaat juga menyampaikan beberapa kiat menulis  baik untuk siswaa sekolah dasar hingga para Mahasisw.
Acara yang dipandu Mbak Vieva tersebut juga dihadiri para budayawan Seperti Aekanu Hariyono, Fatah Yasin Nur serta penulis produktif Ira Rahmawati.

Pada Narasumber memberikan sebutan berbeda kepada Sulistyowati yang nenulis Novel setebal 374 halaman yang ditulis dalam waktu rrelatif singkat. .Muttafaqur Rohmah menyebut penulis  dengan kegilaan hingga dapat menyelesaikannya, sedangkan Nurul Ludfia Rochmah menyelesaikan Sulistyowati orang sakti. Yang menarik ungkapan Syafaat yang menyampaikan bahwa Guru Matematika tersebut tersesat di jalan yang benar. (Syaf)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog