Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » Covid-19 Ajarkan Hidup Lebih Bersih

Covid-19 Ajarkan Hidup Lebih Bersih

 

Covid-19 Ajarkan Hidup Lebih Bersih

Oleh: Bella Rahmania Putri Arisqi

 

Kehadiran sampah plastik begitu banyak dan menghawatirkan  semua orang seperti acuh dengan sampah plastik tanpa memperhatikan dampaknya sampah plastik jika di abaikan akan semakin banyak dan semakin tidak terkendali nah untuk mengatasi itu semua di perlukan ke kreatif an dalam berimajinasi agar sampah- sampah yang tidak berguna bisa bermanfaat nantinya, salah satunya sampah plastik bisa di buat menjadi bunga- bunga an dan tas juga barang- barang bagus lainya, sehingga bisa menambah nilai ekonomis. Sampah plastik selalu dinilai negatif dan bahkan banyak yang membiarkannya begitu saja, tetapi di balik sampah plastik bernilai negatif juga ada positifnya yaitu di daur ulang menjadi kerajinan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Di samping itu semua kebersihan juga sangat penting karena usaha untuk mengurangi sampah, sudah di buat tetapi tetap saja banyak yang tidak peduli. Dan dengan segala upaya pemerintah juga sudah membuat poster agar kita bisa menjaga kebersihan serata jangan  membuang sampah ke sungai, tetapi tetap saja tidak ada yang memperhatikan, apabila terus di biarkan maka bisa terjadi banjir mungkin sudah di anggap biasa dan sering terjadi namun di balik itu semua ada dampak-dampaknya yang sangat berbahaya salah satunya penyakit kulit, dan sering terjadinya demam berdarah, karena air yang menggenang banyak di sukai nyamuk untuk bertelur pasti nantinya akan banyak nyamuk dan air yang kotor membuat gatal-gatal dan iritasi pada kulit dan itu semua di sebabkan karena sampah yang menyumbat, di samping kebutuhan hidup yang meningkat maka sampah-sampah pun juga semakin meningkat.

Kebersihan merupakan sebagian dari iman memang benar di katakan begitu karena dengan kita menjaga kebersihan berarti membuktikan bahwa kita percaya dengan menjaga kebersihan dapat membuat kita lebih sehat, terhindar dari penyakit dan dapat membuat kita lebih disiplin dalam melakukan kegiatan untuk menjaga kebersihan. Dalam melakukan kegiatan tersebut tidak perlu jauh- jauh dalam melaksanakan nya dengan kita menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan rumah, kita bisa mengamalkan cara menjaga kesehatan, dan dimulai dari hal terkecil dahulu.

Dan dampak bagi kita jika tidak menjaga kebersihan juga sangat besar, seperti halnya bisa menyebabkan banjir di mana- mana dan menyebabkan banyak penyakit juga membuat lingkungan kurang nyaman karena banyak sampah yang berserakan, biasanya ada faktor tertentu yang membuat lingkungan kita menjadi tidak bersih salah satunya pemukiman kumuh dan sifat malas kita dalam menjaga kebersihan, bahkan Pemerintah juga sudah membuat peraturan untuk tidak membuang sampah ke sungai dan sekitarnya serta kurangi penggunaan produk plastik karena produk plastik jumlahnya sangat banyak dan jika di biarkan terus menerus dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, juga terganggunya udara di lingkungan sekitar karena sampah menimbulkan bau yang kurang sedap, Serta sampah plastik tersebut sangat sulit untuk di uraikan dan bila dibakar akan membuat polusi udara jika ditimbun di tanah dapat mencemari tanah tersebut, sebagai masyarakat kita harus bisa mematuhi peraturan yang di buat oleh pemerintah karena itu semua juga demi kesehatan kita masing-masing.

             Kebersihan sebagian dari iman merupakan pedoman yang bisa kita jadikan motivasi agar kita lebih bijak dalam mengolah sampah dan lebih bisa percaya bahwa dengan menjaga kebersihan maka akan tercipta kenyamanan di lingkungan sekitar. Dan untuk anak- anak perlu di didik sejak kecil mengenai kebersihan dan cara memilah sampah organik dan non organik, sampah organik merupakan sampah yang berasal dari alam contohnya daun, kulit pisang dan lainnya, dan sampah non organik adalah sampah yang berasal dari plastik, kaleng contoh nya adalah botol, plastik, kaleng dan lainya. Karena dengan kita percaya kebersihan membuktikan bahwa kita percaya kepada kebersihan itu dan tidak ada salahnya juga kita melakukan kebersihan dan untuk manfaatnya juga sangat besar bagi diri sendiri dan orang lain, maka dari itu cintailah kebersihan karena bersih sebagai dari iman dan kita juga harus selalu memotivasi setiap orang agar bisa menjaga kebersihan, dan kebersihan nantinya juga akan bisa menjadi dorongan untuk hidup sehat. Karena hidup sehat di mulai dari diri sendiri bukan orang lain.

Sebagai orang yang hidup di era pandemi Covid-19 kita harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta selalu memakai masker, dan jangan berkerumun di tempat yang ramai karena itu dapat membuat kita bisa terhindar dari virus tersebut jadi untuk hidup sehat dan selalu mencintai kebersihan pasti nanti kita juga akan sehat. Ingat kawan sehat itu mahal, jadi kita harus merawat diri kita dan lingkungan sekitar agar selalu tampak bersih. Dan kita harus selalu yakin dan percaya bahwa Kebersihan adalah sebagian dari iman, dan menjaga kebersihan juga tidak ada salahnya karena dengan begitu kita bisa menikmati hasilnya yaitu lingkungan bersih nyaman  dan di balik itu semua pasti ada manfaat lainya yang bisa di petik dan di nikmati hasilnya.

Covid-19 memberikan pelajaran sangat berharga bagi kita untuk lebih menjaga kebersihan, terutama dengan sering mencuci tangan dengan memakai sabun, kebiasaan baik ini dulu tidak banyak dilakukan orang, namun sekarang hal ini menjadi kebiasaan anyar yang dapat mencegah tertularnya covid-19. Yakinlah bahwa dengan sering mencuci tangan tersebut membuat kulit kita semakin bersih, sebagaimana orang yang berwudlu juga dapat membuat wajah semakin glowing.

 

                      Siswi Man 2 Banyuwangi

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog