Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » Belajar dari Sosok Mr. Bean

Belajar dari Sosok Mr. Bean

 Belajar dari Sosok Mr. Bean

Oleh : Mila Dewi Partikasari

 

Siapa sih yang tidak kenal dengan Rowan Atkinson? Seorang pelawak terkenal kelahiran Inggris pada 6 Januari 1955 yang berhasil dalam memerani serial humoris sebagai sosok tokoh dewasa yang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya tak luput dari tingkah laku konyol, jahil dan juga lagak lucu dalam menanggapi ataupun memecahkan suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya. Karakter fiksi lawak yang sukses dibintangi oleh Rowan Atkinson ini berjudul “MR. BEAN”. Memang banyak orang yang beranggapa bahwa Mr.Bean adalah orang yang sangat aneh. Kelakuannya dinilai keluar dari batas kewajaran. Orang jawa menyebutnya “ora njalur”. Namun inilah yang menjadikan eksotisme dari sosok Mr.Bean. Dengan karakter uniknya inilah tak heran jika film ini telah sukses tersebar dan diputar di berbagai penjuru dunia. Tidak dapat dipungkiri apabila banyak orang yang menyukai akan tokoh Mr. Bean tersebut. Meskipun absurd namun film Mr. Bean ini sangat menghibur para penontonnya.

     Dibalik sikap yang konyol, ternyata hal posistif yang bisa kita ambil dari sosok Mr. Bean sangatlah banyak dan tentunya juga penting sekali dalam penerapan dan pengaplikasiannya dalam kehidupan semua orang terutama pada generasi milenial zaman now seperti sekarang ini. Meskipun tokoh Mr. Bean ini dinilai sebagai pengganggu yang usil bagi orang-orang yang berada disekitarnya, namun sebenarnya juga banyak hal positif yang bisa kita contoh dari tokoh Mr. Bean ini. Salah satunya sifat yang sangat menonjol dari sosok Mr. Bean ini adalah Menjadi diri sendiri atau “Be yourself”. Meskipun banyak orang yang mencibirnya, namun itu tidak mengonversikan sifat dan sikapnya untuk selalu bahagia dan gembira dalam menjalani kehidupannya dengan menjadi dirinya sendiri. Hal ini patut untuk dicontoh dan diteladani oleh semua orang terutama para generasi milenial. Menjadi diri sendiri dan tidak berusaha mengubah diri menjadi sosok yang lain, itu merupakan hal yang sangat luar biasa. Tampil apa adanya sesuai hati nurani dan kepribadian kita merupakan hal yang sangat berharga.


Para remaja sekarang kebanyakan mudah sekali terpengaruh dan tergiring oleh derasnya arus globalisasi. Dari waktu ke waktu semakin menjadi-jadi perubahan yang terjadi pada mereka. Baik itu perubahan pada penampilan ataupun etika. Tidak dapat dipungkiri apabila banyak pro kontra dari beberapa perubahan yang terjadi akibat derasnya arus globalisasi di berbagai lini kehidupan. Namun hendaknya mereka bisa menanamkan kebijakan dalam dirinya sendiri untuk menghadapi segala transformasi yang ada. Menyikapi dengan menjadi sosok yang bahkan tidak mereka kenal atau menjadi sosok orang lain dan tidak menjadi diri sendiri, itu merupakan pilihan yang tidak benar. Berubah tidak masalah, namun yang menjadi permasalahannya yaitu ketika transisi yang dilakukan berbanding terbalik dengan kebudayaan Negara Indonesia sebagai Bangsa Timur yang dikenal dengan berbagai hal positif yang mengagumkan. Seperti halnya etika yang unggul dalam hal kesopanan, keramahtamahan, senang bergotong royong, saling membantu dan tentunya peduli sesama. Jika ada seseorang yang mengatakan bahwa menjadi diri sendiri adalah hal yang membosankan dan tidak menyenangkan, itu adalah sebuah opini yang salah dan akan menyesatkan dirinya sendiri ataupun orang lain. Jika kita sudah percaya diri menjadi diri kita sendiri, untuk melakukan segala aktivitas pastinya kita akan senantiasa berlandaskan hal itu dengan hati nurani kita. Kepuasan menjadi sosok diri sendiri merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan tanpa harus menyihir diri sendiri dengan transformasi yang tidak seharusnya dilakukan.

     Selain menjadi dirinya sendiri, hal yang bisa kita contoh dari sosok Mr. Bean yaitu selalu memiliki tujuan yang jelas. Selalu memiliki tujuan yang jelas merupakan suatu karakter yang harus dimiliki oleh semua orang khususnya para pelajar Indonesia. Menanamkan sifat itu mulai dini adalah sebuah hal yang harus dilakukan. Dengan memiliki tujuan yang jelas, seseorang akan lebih mudah dalam menjalani setiap proses dan progres untuk menggapai semua tujuan yang sudah terpaku jelas dalam pikiran dan lubuh hatinya. Memang tidak mudah menerapkan karakter spektakuler seperti itu, tapi buah keberhasilan yang bisa dipetik nanti merupakan suatu hal keindahan yang tiada tara.

Terkhusus para pelajar. Wajib mengimplementasikan hal itu dalam setiap proses belajarnya. Dengan menetapkan kejelasan tujuannya, maka dalam menghadapi segala rintangan dan hambatannya mereka akan terus maju dan berjuang tanpa mengenal kerapuhan demi sebuah tujuannya bisa tercapai. Ancaman batu besar yang menghadang di jalannya akan sulit meluluhlantahkan kobaran semangat yang telah tertancap kuat dalam hati bersama tujuannya. Jika para pelajar mampu mengaplikasikan hal itu, maka akan memudahkan ekspedisi belajar mereka hingga mencapai tujuan dan cita-citanya. Melupakan kepedihan dari suatu kegagalan dengan strategi fokus pada tujuan,merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua pelajar.

      Disamping fokus dalam menggapai tujuannya,Mr. Bean juga sebagai sosok yang memiliki jiwa pejuang yang pantang menyerah dalam menyikapi keadaan meskipun berkali-kali mengalami kegagalan. Suatu keharusan untuk menerapkan jiwa pejuang pantang menyerah kepada semua kalangan dan juga pada semua lini kehidupan,Khususnya pada perjuangan para pelajar. Untuk menggapai semua impiannya, tentunya para pelajar harus melewati lika-liku kehidupan dalam sekolah. Yang namanya lika-liku itu tidak selamanya berjalan mulus. Pasti ada tanjakan dan juga ada belokan. Pasti ada ancaman juga ada hambatan. Semua tantangan itu harus dihadapi dengan kerja keras, doa dan mental yang kuat. Jika di tengah perjalanan sudah menyerah dan tidak mau berjuang, maka itu adalah pilihan terbodoh yang seharusnya dikubur dalam-dalam hingga tidak memungkinkan untuk munculnya tanda-tanda penyerahan dalam diri seseorang.

Sebesar apapun ancaman, jika dihadapi dengan penuh semangat pantang menyerah dan tentunya juga mental yang kuat pasti akan tertanggulangi dengan mudah. Begitupun juga para pelajar, meskipun dimasa sekarang ini terdapat sebuah intimidasi besar berupa wabah penyakit seperti Corona Virus Desease yang berdampak pada dunia pendidikan dan menyebabkan ketidakmungkinan dalam menjalani aktivitas belajar di sekolah. Meskipun demikian, sebagai para pelajar Indonesia yang hebat bermartabat hendaknya bisa menghadapi ancaman besar ini dengan penuh gejolak semangat dan pantang menyerah dalam mewujudkan impiannya. Ancaman, Hambatan dan kegagalan itu adalah suatu hal yang lumrah dalam perjuangan. Jika kita sudah menancapkan besi kuat dalam diri kita berupa ketegasan dan kejelasan tujuan, maka tidak ada celah untuk mengeluh dalam diri kita. Yang ada hanyalah kobaran semangat pejuang pantang menyerah dalam diri kita demi menggapai impian emas yang dicita-citakan.

     Keterikatan batin dan emosional Mr. Bean terhadap boneka beruang teddy miliknya, menggambarkan bahwa Mr. Bean adalah sosok penyayang. Meskipun dia meluapkan kasih sayangnya dengan hal-hal yang aneh dan tidak masuk akal di pikiran manusia, namun hal itu yang membedakan sosok Mr. Bean dengan orang lain. Memperlakukan boneka layaknya makhluk hidup merupakan hal yang eksentrik. Begitu pun juga kita,Sebagai manusia kita juga harus memiliki sifat penyayang baik itu terhadap sesama manusia, binatang, benda-benda kesayangan baik benda mati ataupun benda hidup dan yang lainnya. Jika kita menjadi seseorang yang memiliki kepribadian penyayang, maka banyak orang yang juga akan menyayangi kita.

      Manusia tidak bisa dipisahkan dengan berbagai permasalahan. Hampir disetiap harinya, manusia akan dilibatkan dengan segala permasalahan yang ada. Begitu pun juga dengan Mr. Bean. Namun Mr.Bean ini selalu memiliki cara-cara unik yang inovati dan kreatif dalam mengatasi segala permasalahannya. Meskipun terlihat aneh, namun dia merasa bahagia bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri. Hal positif ini bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan segala permasalahan yang ada, supaya kita juga bisa belajar untuk berfikir kritis dalam menanggapi segala hal. Dan tidak terpaku oleh belenggu permasalahan yang menjerat kita, sehingga kita tidak bisa berkutik dalam menanganinya. Mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada, meskipun dengan cara yang tidak biasa dan terlihat aneh itu merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Daripada hanya duduk diam berpangku tangan dan mengeluh tanpa memikirkan resolusi dalam analisis permasalahan yang ada.

        Mr.Bean merupakan sosok yang istimewa. Mulai dari tingkah konyol dan kelucuannya yang membuatnya berbeda dari yang lain. Lagaknya itu memanglah berhasil dalam mengundang geliak tawa para penontonnya. Banyak orang yang menyebut Mr. Bean adalah orang yang tolol dan bodoh karena tingkah lakunya itu. Memang benar bahwa tokoh Mr. Bean memperlihatkan keanehan yang konyol sehingga banyak orang yang berasumsi bahwa Mr. Bean hanyalah seorang pelawak biasa yang tidak berpendidikan. Namun yang sebenarnya adalah Sosok Mr. Bean atau nama aslinya Rowan Atkinson ini adalah seseorang yang cerdas dan berpendidikan tinggi. Di layar kaca memang berlagak bodoh, namun di dunia nyata sosok Rowan ini adalah orang yang genius. Dia memiliki IQ yang tinggi. Bahkan dia telah menyabet gelar cumlaude dengan nilai IPK tertinggi diantara mahasiswa lainnya. Maka tak heran apabila Rowan ini masuk kedalam daftar pelawak yang cerdas.

    Dengan itu semua, kita bisa belajar banyak dari kehidupan Mr. Bean dalam layar kaca ataupun dari Rowan Sebastian Atkinson dalam dunia nyata. Keduanya sama-sama memberikan nilai positif dalam kehidupan. Dan nilai-nilai berharga itu sangat layak diterapkan oleh semua kalangan dalam menjalani kehidupan dan kesehariannya.

 

*Siswa Kelas XI MIPA 3 MAN 3 Banyuwangi Srono

 

 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog