Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » VIRUS CORONA YANG DIRINDUKAN

VIRUS CORONA YANG DIRINDUKAN

 

VIRUS CORONA YANG DIRINDUKAN

Oleh : MASRUKAH, M.Pd

Istilah Virus corona paling terbaru yang ditemukan disebut virus corona COVID-19. Virus ini termasuk penyakit menular dan baru ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019 yang kemudian menjadi wabah. Penyebaran virus Corona atau Covid-19 begitu cepat dan masif di seluruh dunia, termasuk Indonesia (detik.com)

Saya tidak akan membahas lebih dalam tentang virus ini, namun sifat virus yang menular sangat cepat inilah sangat cocok jika dikaitkan dengan penularan guru penggerak. Arti CORONA di sini adalah Confident, Optimis, Receptiv, Objektif, Nasionalis, Aktif.  




Guru penggerak akan menjadi inspirasi bagi guru-guru yang lainya. Menginspirasi bagi peserta didiknya, dia akan menjadi role model dari setiap langkahnya, pada akhirnya dengan keleluasaan berexpresi, terus mengadakan perubahan-perubahan disetiap aktivitasnya. Itulah yang akan membuat lembaga pendidikan tersebut melesat dan menjadi pembeda bagi sekolah yang lain. Mampu menciptakan hal-hal baru, baik itu berupa kemampuan mengembangkan informasi atau ilmu pengetahuan dari dalam dan luar sekolah yang dikombinasikan dalam proses belajarnya. Masyarakat melihat sebagai sekolah yang berkompeten dalam memajukan pendidikan pada era masa kini yaitu globalisasi. Sehingga setiap ajaran baru jumlah peserta didik yang mendaftar terus meningkat seiring perubahan dan terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman.    

Guru merupakan kunci utama dalam membawa pendidikan di masa depan yang lebih baik. Guru sebagai garda terdepan harus mampu melakukan perubahan dalam proses pembelajaran yang tidak hanya terpaku pada hal-hal konvensional, monoton, karena sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman. Perubahan dunia yang berlangsung dengan cepat dan menyangkut seluruh sisi kehidupan manusia. Guru penggerak pada era revolusi industri 4.0 seperti saat ini menjadi kebutuhan mendasar bagi sekolah untuk terus mampu menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas yang diyakini bisa mendorong cepatnya reformasi bagi pendidikan bagi bangsa Indonesia.

 

 

Guru penggerak harus memiliki 6 sifat virus CORONA :

1.    CONFIDENCE

Rasa percaya diri dan sikap percaya diri yang harus dimiliki oleh guru penggerak. Sebuah perasaan dimana seorang guru percaya bahwa sikap yang terbaik adalah dengan melakukan kinerja dengan sebaik-baiknya dan terus belajar. Bekerja sebaik-baiknya sebagai guru berarti, mau mencoba beragam metode pembelajaran, sabar dalam berproses serta menomor satukan siswa. Rasa percaya jika digabungkan dengan kinerja yang baik maka hasilnya akan dahsyat sekali. Teman sesama guru jadi mendukung, siswa senang belajar dengan kita sebagai gurunya, dan dukungan masyarakat akan mengalir dan lain sebagainya.

2.    OPTIMIS  

Guru sebagai agen perubahan pada dunia pendidikan harus memiliki keyakinan dan semangat dalam mengajar. Selalu berpandangan positif dalam menghadapi segala rintangan yang menghadang, walaupun ada cobaan yang berat sikap optimis mampu mengatasi hal-hal negatif, sehingga akan memperoleh kemenangan dan kepuasan dalam belajar mengajar terhadap siswa di kelas.

3.    RESEPTIF

Arti reseptif menurut KBBI adalah suatu perasan yang siap menerima, terbuka terhadap saran dan anjuran orang lain. Artinya guru yang memiliki sifat ini akan siap dan selalu terbuka terhadap masukan dan saran dari guru lain atau atasanya, bisa juga masukan dari walimurid untuk sebuah perubahan yang dilaksanakan di sekolah. Guru siap mengadopsi segala informasi dari manapun, baik dari dalam maupun luar sekolah.

4.    OBJEKTIF

Guru yang profesional menjadikan prinsip objektif dan adil sebagai landasan dalam menentukan sikap dan menilai kinerja peserta didik . Independen dan kebijaksanaan seorang guru menjadi pondasi yang kokoh bagi guru yang ingin menjadikan objektif dan adil sebagai prinsip penilaian.

Objektif berarti dalam memberikan penilaian guru melihat dari fakta dan data di lapangan tanpa ada intervensi dari pihak manapun, serta tanpa ada politik kepentingan di dalamnya. Adil sendiri bermakna proposional yang artinya bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya

 

5.    NASIONALIS

Guru harus mampu memberikan contoh serta mempraktekkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dengan menanamkan sikap nasionalisme dengan menghargai kebhinnekaan, serta bangga sebagai bangsa Indonesia dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya, lagu-lagu nasional dan patriotisme lainya. Mampu menghargai budaya bangsa sendiri dan produk-produk lokal.

 

6.    AKTIF

Jika gurunya aktif maka otomatis siswanya juga kreatif. Seorang guru merupakan teladan bagi murid-muridnya. Sikap dan tindak-tanduk guru tidak terlepas dari perhatian murid-muridnya. Bahkan guru jauh lebih memiliki nilai plus jika dibandingkan dengan orang tua murid dalam mendikte murid untuk belajar. Guru aktif akan terus mencari inovasi-inovasi dalam berkreasi, menciptakan bermacam-macam metode untuk menumbuhkan siswa terus berkembang dan mudah menyerap pembelajaran, termasuk menciptakan alat peraga untuk menunjang KBM.

 

 

 

 

BIODATA PENULIS

NAMA                        : MASRUKAH, M.Pd

TTL                 : Banyuwangi, 15-021974

INSTANSI      : MI Unggulan Al Ishlah Tembokrejo, Kec. Muncar, Kabupaten   Banyuwangi

JABATAN      : Kepala Madrasah

TELP              : 082334206852

Gurusiana     : https://masrukahazizah151117.gurusiana.id/

FB                   : https://www.facebook.com/masrukah.azizah

 

 

 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog