Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » , » Peringatan Kemerdekaaan dimasa Pandemi

Peringatan Kemerdekaaan dimasa Pandemi

Peringatan Kemerdekaaan dimasa Pandemi

Oleh : Kavita Dela Agustin

Kemerdekaan adalah di saat suatu negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Pada 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan sebagai bangsa yang bebas dari kekuasaan bangsa lain, bebas mengibarkan bendera merah putih, bebas merasakan hasil dari tanah bangsa sendiri. setiap tanggal 17 Agustus rakyat Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia dengan mengadakan upacara peringatan kemerdekaan setiap tahunnya yang di gelar di Istana Negara hingga ditingkat Kecamatan. Banyak festival dan ajang perlombaan yang di gelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan, seperti lomba panjat pinang, balap karung, dan lomba makan kerupuk dan festival memakai baju adat di setiap daerah di Indonesia. Juga sebagai acara yang turut memeriahkan hari kemerdekaan, dan banyak hal positif dari acara-acara tersebut, karena perlombaan dan festival di hari kemerdekaan sangat mendidik dan dapat membuat rasa nasionalisme semakin tinggi mengingat perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Tahun 2020 ini banyak hal yang terjadi pada Indonesia bahkan dunia, salah satunya munculnya virus covid-19 yang berawal dari daerah Wuhan di Cina yang membuat semua orang ketakutan karena bentuknya yang tak terlihat dengan mata telanjang dan pengaruh negatif yang dibawanya. Munculnya virus ini membuat banyak kerugian pada setiap negara yang terdampak. Bahkan kerugian setiap individual, banyak acara-acara penting harus di tunda bahkan di batalkan karena virus covid-19 ini. Di Indonesia pandemi covid-19 sangat merugikan negara dan masyarakat, ekonomi negara dan penghasilan masyarakat turun drastic, bahkan sampai tidak ada pendapatan sama sekali. Pada detik-detik menuju hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75 kasus covid-19 di Indonesia semakin bertambah, adanya pandemi pada tahun ini pasti sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan upacara kemerdekaan yang biasa di selenggarakan setiap tahunnya dan pasti ada perbedaan karena pelaksanaan harus mengikuti protokol kesehatan yang diajukan pemerintah.

Pasti kita sudah membayangkan perbedaan upacara kemerdekaan tahun ini dengan tahun yang lalu membayangkan para petugas upacara dan para peserta memakai masker, menjaga jarak antara satu dengan yang lainya, acara festival dan ajang perlombaan yang biasa di laksanakan bisa saja pada tahun ini di lewatkan demi mengurangi penularan covid-19. Dimasa pandemi seperti ini kita harus taat pada peraturan pemerintah tentang pelaksanaan protokol kesehatan, karena jika warga mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, maka sudah pasti penularan covid-19 di Indonesia semakin menyebar dan meningkat angka kasusnya, data yang diperoleh hingga tanggal 7 Agustus 2020 kasus covid-19 di Indonesia sudah menempati peringkat ke-2 di Asia Tenggara.

Pemerintah sebenarnya sudah menegaskan peraturan tentang pentingnya menjaga jarak dan memakai masker, tetapi tetap saja banyak masyarakat yang melanggar peraturan tersebut sehingga semakin banyak yang terkena virus covid-19. Di detik-detik hari kemerdekaan bangsa Indonesia seharusnya lebih perduli tentang kasus covid-19 agar pandemi ini segera berlalu, dan semua kembali normal. Bukan hanya kepedulian, tetapi juga ketaatan terhadap peraturan pemerintah tentang pelaksanaan protocol kesehatam tentang pencegahan penularan covid-19.Jika pandemi ini berakhir maka semua kegiatan akan kembali normal, seperti dibidang pendidikan, siswa-siswi akan mulai masuk dan bertatap muka kembali dan tidak melalui jalur online atau daring lagi, termasuk dalam bidang ekonomi dan pariwisata. Namun dengan datangnya virus covid-19 ini bisa membuat banyak pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya, manfaatnya, pengalaman dan nilai sejarah yang tidak kita ketahui sebelumnya. Kita tahu sejarah dunia kesehatan masa lampau, bahkan tidak terpikirkan untuk mengorek informasi sedikitpun, dan saat ini kita menjadi pelaku sejarah bahwa pernah ada pandemi  yang melanda seluruh dunia.

Pro dan kontra akibat virus covid-19 ini salah satunya di dunia pendidikan. Saat ini pendidikan jalur online atau daring sudah di lakukan hampir di seluruh daerah, karena di lakukannya pendidikan daring ini, banyak siswa-siswi dan bahkan orangtua juga merasa kesulitan, mungkin karena faktor keberadaan rumah yang tidak bisa mendapatkan sinyal yang bagus, juga kondisi ekonomi. Banyak siswa-siswi yang mengeluh tidak memiliki kuota internet dan bahkan ada yang tidak memiliki handphone android. Disatu sisi ada pihak yang di untungkan dengan adanya pembelajaran daring ini seperti pihak bimbingan online sekarang menjadi jalur alternatif untuk siswa siswi yang ada di rumah tetap bisa belajar seperti biasannya, walau sebenarnya sekolah tetap memberi pelajaran dan materi seperti biasa namun itu masih kurang bagi siswa-siswi karena pengajaran online tidak terlalu efektif di bandingkan dengan sekolah offline atau tatap muka langsung.

Dibidang pariwisata juga terkena dampak dari pandemi virus covid-19 ini, pasti semua sudah tahu bahwa pariwisata termasuk sektor besar pemasukan negara tetapi karena adanya pandemi banyak pariwisata yang ditutup untuk mencegah penularan covid-19 besar kerugian yang dialami negara menjadi pemicu keterlambatannya mengirim bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena dampak dari covid-19. Kemudian pada saat ini kita akan merayakan Indonesia merdeka yang ke-75 dan semua pasti berharap pandemi yang menyerang bangsa Indonesia akan segera berlalu dan sistem pendidikan dan semua masalah yang menimpa negeri ini akan menemui titik solusi dari permasalahan yang sedang terjadi di saat pandemi covid-19.

*Kavita Dela Agustin siswa kelas XI MIPA, MAN 3 Banyuwangi


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terus berkarYa Kavita

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog