Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » PERAN PEMUDA INDONESIA DENGAN KARYA KARYANYA

PERAN PEMUDA INDONESIA DENGAN KARYA KARYANYA

Peranan Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan

Oleh, Asri Amelia S.D.*

             Sukses adalah suatu hal yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Entah itu sukses dari segi agama, atau sukses dalam segi dunia. Namun semua orang tentu menginginkan dalam segi keduanya. Jadi semua harus seimbang.  Banyak orang yang bermimpi tentang impian kesuksesan mereka dimasa muda. Agar hidup di kedepannya tinggal leha-leha, gitu katanya.  Namun kebanyakan dari mereka tidak mau mewujudkannya, dan memilih untuk bersenang senang dulu dimasa muda.Katanya, "mumpung masih muda bro, berbahagialah dulu".  Memang benar bahagia itu perlu, tapi jika kita tidak mau bersusah payah dimasa muda ini, masa tua kita akan semakin lebih buruk.

               Sudah terbukti banyak anak muda yang sudah sukses diluaran sana. Karna dimasa muda inilah kesempatan kita untuk berjuang. Dengan  tubuh yang masih sehat serta memiliki banyak karya bisa membuat kita memberikan peluang pekerjaan bagi orang lain.  "Tapi kalau semua anak muda memiliki pemikiran yang kreatif, kenapa masih banyak anak muda yang suka mabuk, suka judi, dan sebagainya?"Itu semua merekalah yang memilih hidup seperti itu.  Disamping itu kurangnya pendidikan moral dan ilmu pengetahuan luas yang mereka dapat, juga menjadi salah satu faktor utama adanya anak muda yang memilih jalan hidup seperti itu. Tetapi jika masih ada orang yang mau merangkul pundak anak muda yang kurang akan motivasi dan ilmu pengetahuan, bisa jadi mereka juga bisa diasah untuk berfikir lebih kreatif.

              Ketika sudah banyak pemuda yang bisa berfikir kreatif, mereka bisa memberikan peluang pekerjaan bagi orang orang, serta mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Tak jarang tentunya, kita sering melihat kakek-kakek yang sudah tua, masih menggayuh becak, mencari penumpang. Ketika uang yang sudah terkumpul, hanya bisa untuk membeli sejumput nasi untuk menambah tenaganya yang akan berjuang lagi diesok pagi. Dari sini kita bisa melihat, dulu dimasa mudanya beliau buat apa, dan kemana anak-anaknya? Sampai-sampai banyak anak-anak Indonesia yang ditelantarkan oleh orang tua mereka, hanya karna sibuk kerja. Bukankah orang tua adalah madrasah bagi anak-anaknya? Untuk membentuk suatu karakter yang unggul yaitu dengan cinta dari kekuarganya.  

             Hingga banyak WNI yang rela mencari pekerjaan di luar negri menjadi seorang pembantu rumah tangga bagi orang luar negri. Jika pemuda di Indonesia lebih mengembangkan karya yang mereka miliki serta menyediakan lapangan pekerjaan yang layak, tentu tidak akan banyak WNI yang rela bekerja jauh dari keluarga hanya menjadi pembantu orang luar negri. Sama halnya negara kita masih dijajah dengan cara halus.

              Sebenarnya orang awam seperti mereka juga tidak salah, hanya saja mereka kurang dirangkul oleh tangan tangan yang mau mengajak mereka dijalan kesuksesan. Dan mereka lebih memilih hidup mandiri dengan keadaan hidup yang seadanya.  Disamping itu, kenapa juga banyak anak muda yang sudah sukses diusia 25 tahun, bahkan diusia 18 tahun sudah bisa membeli mobil dengan uang dan usahanya sendiri. Itu karena mereka memanfaatkan masa yang masih nemiliki banyak energi, dengan mencari Info-Info dan mengembangkan karya yang dimilikinya.

               Kebanyakan dari mereka rela menghabiskan masa remajanya untuk berjuang untuk menempuh hidup dimasa tua yang tinggal rapuh-rapuhnya. Hingga rela mengorbankan secangkir kopinya demi perubahan hidup dimasa mendatang. "Bro, ngga usah ngoyo-ngoyo untuk berjuang demi masa depan. Hidup harus bersyukur saja. Kita pasrahkan saja, rezeki udah ada yang ngatur".  Memang benar hidup harus bersyukur, dan rezeki sudah ada yang mengatur. Tapi tidakkah kita (rakyat Indonesia) akan tetap hidup di zona kemiskinan yang akan menyengsarakan rakyat? Akankah kita akan tetap mewariskan air mata dan kemiskinan untuk anak cucu dimasa mendatang? Akankah kita menginginkan anak cucu kita dijajah kembali oleh para penjajah karena kebodohan yang kita miliki? Tentunya kita tidak mengharapkan sesuatu yang seperti itu terjadi.

             Negara kita sedang membutuhkan generasi pejuang untuk berkarya. Itulah mengapa ada pendidikan sekolah. Yaitu tempat untuk melatih mental kita, tempat kita berorganisasi, tempat kita mengembangkan karya dan mewujudkan impian. Bukan hanya di sekolah tempat untuk belajar, sekolah hanyalah tempat pembentukan karakter. Bukan hanya sekolah tempatnya orang sukses, tapi bisa dari mana saja. Tempat orang sukses berasal dari keinginan hati dan keyakinan yang dimilikinya.

            Jadi, peran anak muda untuk berjuang dimasanya sekarang itu sangat penting. Karya-karya anak muda sekarang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia yang akan membawa hidup masyarakat Indonesia ke dalam zona yang lebih baik. Tentu juga, dengan karya anak muda akan memberikan peluang lapangan pekerjaaan, dan krisis ekonomi di Indonesia semakin menurun. Bukankah  dulu pernah pemuda-pemudi Indonesia telah membuat sumpah pemuda yang telah diwariskan kepada generasinya? Saatnya kita membuktikan kepada pahlawan kita dulu, bahwa generasinya mampu menjunjung tinggi tanah Indonesia

          Mencoba hal yang berbeda bukan berarti kita dipandang aneh, tapi jika hanya melakukan hal sama, bagaimana mau berkembang? Berbeda dengan yang lain berarti kita menciptakan sesuatu yang unggul dalam hidup kita. Membuat karya dengan banyak perbedaan dari yang dilakukan orang-orang diluar sana akan menambah nilai plus dari apa yang kita ciptakan.

              Jangan pernah menunda hal baik untuk dilakukan. Karena tidak akan ada waktu yang tepat. Semua orang diberikan waktu 24 jam yang sama. Ketika orang lain bisa sukses, maka seharusnya kamu bisa menggapainya. Ketika hari ini kamu sedang bersantai, ingat diluaran sana banyak yang sedang berlatih dan berjuang untuk menang.

                                                        

*Siswa  Kelas XI MIPA 1, MAN 3 Banyuwangi di Srono


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog