Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » , » Insecure Versus Imunitas Remaja

Insecure Versus Imunitas Remaja

Insecure Versus Imunitas Remaja

Oleh : Vega Thalia

 

Kenyataannya, Remaja masih memiliki potensi yang besar, untuk mengembangkan pikiran dan tujuan ke generasi selanjutnya. Akan tetapi,  dalam proses menuju kedewasaan ini, sangat banyak sekali hambatan atau permasalahan  yang dapat memengaruhi kesehatan pikiran/mental mereka, salah satunya adalah merasa insecure, yakni perasaan tidak aman yang dapat terjadi pada setiap orang. Ketidakamanan bisa terjadi saat Anda merasa khawatir, malu, dan tidak percaya diri. Saat orang hidup dalam ketidakamanan, orang cenderung merasakan ketakutan / kecemasan dalam hal apapun. Misalnya, takut berbicara dengan lawan jenis/orang lain, takut untuk bisa meluapkan yang sedang terjadi pada dirinya.

Salah satunya alasan yang menyebabkan orang merasa tidak aman (insecure) adalah mereka menilai dirinya terlalu rendah dibandingkan orang lain. DiSaat Anda merasa kurang percaya diri dan malu karena diri sendiri, misalnya karena bentuk fisik dan kemampuan anda, maka perlahan anda akan menimbulkan rasa tidak aman/tidak percaya diri yang membuat Anda semakin membandingkan diri Anda terhadap orang lain. Keadaan seperti ini bisa membuat remaja pada umumnya merasa depresi yang berlebihan dan stres, pasalnya mereka berfikir "Dia kok bisa seperti itu? Sedangkan aku?" Pikiran seperti itulah yang dapat memicu adanya gangguan pikiran/jiwa.

Saat ini, Remaja cenderung lebih merasakan tekanan, khawatir, dan rasa akan tidak percaya diri yang berlebihan, disebabkan harapan mereka yang  tinggi dan tidak sesaui dengan realistis. Perasaan ini terjadi dalam proses pertumbuhan seorang remaja dan dapat menimbulkan dan meningkatkan/penekanan  perasaan insecure didalam hidup mereka, yang bisa berdampak negatif sekali. Rasa insecure yang berlebihan, dapat menyebabkan terganggunya pikiran/mental mereka,  mengakibatkan situasi fatal yang serius. Akan tetapi, Kesadaran masyarakat yang masih rendah dan mengikuti alur isu, dapat  mempunyai pengaruh yang sangat besar, bagi faktor fisik dan faktor kejiwaan seseorang. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya rasa insecure:

Rasa Trauma sangat mempengaruhi perilaku dan pikiran remaja. Anak anak yang pernah mengalami trauma di masa lalunya seringkali mereka memiliki reaksi yang lebih intens/sensitif ketika mereka merasa ada hal yang mengingatkan mereka atas memori masa lalunya. Hal ini yang menyebabkan remaja semakin menjadi tidak percaya diri lagi kepada dirinya untuk mulai mencoba lagi. Rasa takut tesebut selalu menghantui yang mengakibatkan kehilangan rasa percaya diri.

 

Pergaulan dalam remaja merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam diri pribadi remaja. Pergaulan yang baik dapat membuat sifat remaja tersebut menjadi baik, begitu pula sebaliknya. Pergaulan yang buruk berpotensi memberi efek buruk pada diri remaja sendiri. Salah satu efek pergaulan buruk adalah kurangnya dukungan terhadap suatu hal baik untuk pribadi mereka. Karenanya memilih teman dan tempat bergaul sangat perlu perkembangan diri remaja. Pergaulan yang buruk akan selalu menuntun pribadi remaja menuju hal yang menggok dan tidak lurus. Hal ini yang menyebabkan remaja yang tadinya baik lalu bisa terbawa arus dan memaksakan diri mereka untuk bergaul yang didasari oleh rasa gengsi, sehingga mereka tidak menjadi dirinya sendiri.

Di saat Ekspektasi terlalu berlebihan, Rasa insecure pada diri remaja juga bisa didukung oleh ekspektasi mereka yang tinggi (halu). Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa overthinking dalam berpikir dan menjadi depresi. Di saat mereka mengalami kondisi seperti ini, remaja akan menyesali dan menyalahkan dirinya sendiri apabila ekspektasi mereka tidak sesuai dengan ekspetasinya. Tidak jarang perasaan seperti ini mengakibatkan seseorang menjadi tertutup dan  menganggap bahwa semua yang terjadi merupakan kesalahan dia secara pribadi.

Cibiran negatif bisa berpengaruh terhadap sifat diri remaja. Banyak sekali diluar sana, remaja menyakiti dirinya sendiri, bahkan rela bunuh diri disebabkan oleh cibiran dan kritikan negatif terhadap dirinya. Hal ini biasanya disebabkan oleh kecemburuan semata, keirian bahkan rasa dendam terhadap sesama remaja. Pembullyan terhadap remaja ini mengakibatkan trauma yang berkepanjangan, menimbulkan rasa takut untuk menghadapi seseorang, dan takut menjadi bahan olokan tak berkesudahan. Akibat dari cibiran negatif ini bisa berupa hilangnya rasa percaya diri remaja, depresi, dan sampai lebih buruknya adalah mereka rela  membunuh dirinya dan impiannya. Sangat Banyak sekali Remaja merasa tertekan oleh cibiran tehadapnya, sehingga hal ini dapat mendorong mereka untuk bisa menyakiti dirinya sendiri.

Hilangnya percaya diri dan adanya rasa tidak percaya diri adalah faktor pemicu insecure-nya terjadi. Di saat Remaja tidak percaya akan dirinya sendiri, mereka akan membandingkan dirinya kepada orang lain, lalu merendahkan dirinya sendiri/mencaci. Hal tersebut memicu rasa ketidak nyamanan pada pribadi diri remaja, sebab mereka selalu membatasi diri mereka sendiri untuk berekspresi.

 

Faktor-faktor di atas tentunya dapat sekali  merugikan kesehatan mental/pikiran bagi remaja, Gangguan ini menyebabkan remaja menjadi sulit berpikir jernih dalam tindakan/aktivitasnya sehari-hari. Untuk dapat mengatasi masalah ini, anda juga harus memiliki keinginan dan tujuan dari dalam diri anda untuk bisa lepas, pergi dan memulai bergerak maju. Memotivasi diri anda sendiri untuk semakin lebih percaya diri. Dengan itu, anda bisa melihat kemampuan diri anda. Isecure dapat mempengaruhi imunitas remaja, terlebih pada mental remaja yang masih dalam masa pancaroba dan pencarian jatidiri. Kemampuan jiwa dan pikiran mengendalikan isecure sangat diperlukan agar timbul rasa percaya diri yang tinggi yang dimiliki oleh remaja.

*Penulis adalah Siswa Kelas XI IPS-2 MAN 3 Banyuwangi di Srono

 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah vega luar biasyah

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog