Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » , » ESTETISNYA KERAMAHTAMAHAN NEGERIKU

ESTETISNYA KERAMAHTAMAHAN NEGERIKU

ESTETISNYA KERAMAHTAMAHAN NEGERIKU

Penulis : Mila Dewi Partikasari

   Indonesia adalah sosok negara yang sangat hebat. Prahara di masa lalu membuat indonesia menjadi semakin kuat. Merdeka dari kecaman belenggu penjajah pada 17 Agustus 1945 merupakan tonggak awal kebangkitan Indonesia untuk berevolusi menjadi sebuah negara yang tangguh dan mampu menandingi negara-negara lain dari segi potensi yang sangat fantastis, sehingga membuat beberapa jajaran negara mengagumi seluruh keandalan yang dimiliki oleh Negara Zamrud Katulistiwa ini . Tidak heran apabila Indonesia hingga saat ini selalu mengalami progress menuju nation yang bergengsi dengan segala tatanan dan keunggulan spektakulernya. Tak tanggung-tanggung  Indonesia juga menonjolkan kekayaan dan potensi elite yang dimilikinya pada kancah internasional bahkan dunia. Bukan hanya mengedepankan keagungan substansi alam dan infrastrukturnya saja, namun Indonesia juga menjunjung tinggi dan sangat memprioritaskan eminensi dalam beretika, bermoral, berakhlak dan berbudi pekerti yang adiluhung.

    Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang dikenal dengan keramahtamahannya. Dengan hal itulah yang dapat memunculkan eksotisme, kepermaian dan keunikan tersendiri. Pesona yang diciptakan oleh indahnya pola kerukunan ditengah-tengah seluruh warga masyarakat Indonesia sangatlah berharga dan tentunya mengandung sebuah nilai yang positif. Keramahtamahan ini tidak hanya diaplikasikan dengan sesama warga masyarakat Indonesia saja, melainkan juga diterapkan kepada warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia. Memang sudah terbukti kebenarannya bahwa orang Indonesia memiliki etika dan moral yang elok terhadap sesamanya. Orang Indonesia sangat erat sekali hubungannya dengan sifat baik hati, sopan, murah senyum, ramah, mudah dalam bergaul dan berinteraksi, tutur kata dan bahasanya juga sangat lemah lembut. Kolaborasi antara perangai komersial tersebut dapat menciptakan sebuah suasana dan kondisi yang kondusif dan menggembirakan. Dengan keramahtamahan tersebut, otomatis akan terciptalah sebuah tebaran senyuman indah antara satu sama lain. Dan senyuman itulah yang menggambarkan kebahagiaan, kegirangan dan keceriaan masyarakat Indonesia. Karena orang Indonesia tahu bahwa dengan menebar senyum antara satu sama lainnya tanpa pandang bulu, baik itu sesama laki-laki, perempuan, tua, muda, kaya,ataupun miskin itu adalah hal yang baik dan sungguh menawan. Karena dengan senyumanlah yang akan lebih mempererat rasa kasih sayang dan tali persaudaraan. Dan menurut pandangan islam, tersenyum juga termasuk dalam point positif dari  ibadah.

Memang benar keberadaannya, bahwa Negara Indonesia wilayahnya sangat luas dan di dalamnya terdapat banyak keanekaragaman agama, ras, suku, etnis budaya,tradisi, kepercayaan dan adat istiadat. Namun semua perbedaan itu tidak menghalangi mereka untuk saling bertoleransi, saling menghargai dan saling memahami. Dengan keramahtamahan inilah yang akan membuat mereka semua bisa berkontribusi dengan suatu keadaan heterogen untuk membentuk sebuah suasana dan situasi yang homogen tanpa harus membeda-bedakan dan mendiskriminasi antara satu sama lain hanya karena terkendala dengan sebatas perbedaan saja. Dengan menginterpretasikan perbedaan itu sebagai sebuah hal yang lumrah, membuat kehidupan dan limitasi mereka merasa tentram, aman dan damai. Karena memang Indonesia dikenal dengan semboyan " Bhineka Tunggal Ika " Yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu. Dengan alasan itulah mengapa kehidupan masyarakat di Indonesia selalu diselimuti oleh rasa kebahagiaan tanpa tekanan. Mereka selalu hidup berkesinambungan meskipun terdapat banyak faktor dismilaritas di tengah-tengah mereka. Dan menariknya budaya keramahtamahan di Negara Indonesia sudah diketahui dan dikenal oleh negara asing sejak zaman dahulu kala. Dengan budaya ramah tamah yang sudah kental mendalam di hati masyarakat Indonesia, membuat bangsa asing merasa gembira dan tidak canggung saat mendatangi Indonesia baik untuk berwisata ataupun kunjungan kerja. Karena mereka tahu bahwa masyarakat Indonesia selalu welcome dengan kedatangan mereka dan selalu memberikan sambutan baik kepada mereka semua. Tak heran jika banyak warga negara asing yang berdatangan ke Negeri Nyiur ini. Dan yang menakjubkannya lagi, budaya keramahtamahan di Negara Indonesia ini masih bertahan hingga saat ini meskipun terdapat banyak ancaman dan hambatan yang menerka baik intimidasi dari dalam ataupun luar negeri seperti membeludaknya kebudayaan bangsa asing yang masuk ke Indonesia dengan sangat ekstrem. Namun hal itu tidak berhasil dalam melunturkan dan meluluhlantahkan budaya ramah tamah yang sudah terpaku erat di benak masyarakat. Inilah yang melantarkan Bangsa Indonesia dicintai dan dikagumi oleh banyak negara-negara asing yang ada di dunia.

Kehidupan Bangsa Indonesia saat ini memang ada hubungan kausalitasnya dengan kontroversi di masa lalu. Kerusuhan, keriwuhan dan kekacauan pada zaman dahulu memang menancapkan rasa kesedihan dan kepedihan di hati masyarakat. Namun dengan kerja keras,kerjasama, kolaborasi dan kontribusi para pahlawan perjuangan dahulu dalam merebut seutuhnya bangsa kita ini dari belenggu penjajah akhirnya membuahkan hasil manis yaitu sebuah kemerdekaan yang hingga sekarang memberikan kebahagiaan, keutuhan dan kedamaian kepada seluruhnya. Dengan melihat replika tragedi tersebut, tak heran apabila Negara Indonesia erat sekali hubungannya dengan budaya gotong royong, saling membantu, kerja sama dan coaction. Nilai baik dari sikap kegotong royongan itu bisa diterapkan kapan saja dan dimana saja, bisa diterapkan dilingkungan keluarga,sekolah,masyarakat ataupun di lingkungan lainnya.Karena dengan hal ini, kita bisa belajar untuk saling membantu satu sama lain sebagai bentuk rasa kemanusiaan dan persaudaraan. Kebahagiaan Negara Indonesia saat ini tercipta tidak hanya oleh satu golongan saja, melainkan kooperasi dari beragam pihak yang pastinya terdiri dari berbagai kalangan yang memiliki perbedaan suku,etnis, agama, ras, maupun kepercayaan. Maka dari itu, Negara Indonesia sangatlah menjunjung tinggi rasa toleransi antar satu sama lain. Karena mereka sadar bahwa kedamaian dan keceriaan saat ini tidak akan pernah bisa terbina tanpa ada kesatu paduan antara para pejuang ataupun pahlawan yang pastinya berasal dari berbagai macam divergensi.

Senyuman orang Indonesia saat ini adalah sebuah deskripsi dari suksesnya perjuangan berat para pahlawan kemerdekaan. Dan senyuman itulah yang menandakan bahwa rakyat pribumi adalah orang-orang yang memiliki karakter ramah. Orang yang ramah dan ceria biasanya mengisyaratkan bahwa keadaan dirinya disaat itu "being happy, always happy and definitely happy". Dan hal itu memang benar-benar dialami dan terjadi pada masarakat Indonesia. Pesona karakter ramah tamah yang dipancarkan oleh raut wajah dan hati mereka merupakan perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan karunia kehidupan yang layak, memadai dan dipenuhi oleh keindahan dan kekayaan alam,sosial,budaya dan moral yang unggul. Dan tak lupa juga bahwa senyum semringah mereka merupakan sebuah kebahagiaan dan bukti tanda terimakasih terhadap para pahlawan intense yang telah berkorban dan berjuang mati-matian demi kemerdekaan bangsa dan mengentaskan seluruh masyarakat nusantara dari segala kepedihan dan awan kelabu tanpa adanya keluh kesah sedikitpun yang keluar dari lisan mereka.

Memang benar bahwa Keramahtamahan warga Negara Indonesia merupakan interpretasi dari kebahagiaan dan kebanggaan menjadi penduduk nusantara. Dengan itu mereka mengungkapkan kebahagiaan itu dalam bentuk kesederhanaan, yaitu menjadi sosok asosiasi yang supel. Dengan sikap simpatik inilah yang menjadikan Negeri Nusantara ini menjadi pesona yang sangat berharga dan terhormat dimata dunia dan alam semesta. Sangat hebat negeri kita ini, menjadi sosok bangsa yang menginspirasi dan banyak dicintai oleh negara-negara asing. Mengaktualkan keramahtamahan menjadi aset terbesar bangsa yang sangat berharga itu adalah keputusan yang luar biasa. Contohnya saja Lombok, Bali, Bangka dan tempat destinasi wisata lain yang telah berhasil menjadi adibintang di nusantara ini. Seluruh warga masyarakatnya selalu memancarkan keramahtamahan dan welcome kepada semua orang yang berkunjung di sana baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Dengan budaya ramah yang sangat eksotis ini, dapat dijadikan sebagai instrumen untuk menarik perhatian warga negara asing supaya bersambang ke bumi pertiwi kita ini.

Disamping mencuatnya pamor potensi kekayaan alam bagai suaka dunia dengan penuh keeksotisan dan keestetisan yang menakjubkan, keramahan dan kesopanan dalam berbudi luhur inilah yang menjadikan Negara Indonesia memiliki nilai yang lebih unggul dibanding potensi bangsa lain. Menegur sapa dan berbaur dengan orang lain baik yang sudah dikenal ataupu belum dikenal sekalipun, hanya untuk mendesakan dalam bercengkrama membahas permasalahan apapun baik tentang hal pribadi ataupun topik umum. "Yang penting ada topik bahasan antara kami, dan dengan topik itulah akan tercipta sebuah obrolan seru yang akan mempererat rasa persaudaraan antara kami" Itulah orang Indonesia. Notabenenya mereka bisa berbaur dengan siapa saja dalam segala situasi. Tanpa ada rasa perbedaan ditengah mereka, membuat mereka saling berkolaborasi antara satu sama lain dalam membuat suatu topik bahasan hingga tercipta suasana yang hangat, komunikatif, interaktif,dan tentunya atraktif. Integrasi unik antara perangai positif tersebut berpotensi memancarkan eksistensi unggul Negara Indonesia di seluruh gelanggang dunia.

Definisi kebahagiaan itu sangatlah sederhana. Dan masa pandemi ini memang memberikan kesedihan disemua kalangan, karena banyak yang dirugikan dengan peristiwa bencana non alam yaitu serangan brutal Corona Virus Disease. Meskipun itu, ada sisi positif dari prahara tersebut. Dengan menjadikan celah kepedihan itu sebagai peluang untuk berbuat baik kepada orang lain yang mengalami kesusahan seperti mendirikan sebuah komunitas yang bertujuan mulia untuk membantu menyalurkan bantuan kepada korban, relawan sekaligus pejuang tenaga medis dan memberikan manfaat kepada sesama. Karena komunitas mulia itulah yang menggambarkan sifat asli orang indonesia yaitu saling tolong menolong, toleransi, peduli sesama dan beretika baik. Meskipun dari komunitas itu terdiri dari anggota yang berasal dari berbagai suku, ras, etnis ataupun agama namun dengan rasa tolerir, perbedaan itu akan berubah menjadi integrate yang terpusat pada tujuan yang bermartabat. Dengan sifat keramahtamahan itulah yang memudahkan mereka semua untuk berbaur dan bersatu dalam situasi maupun kondisi genting saat ini. Perlu diketahui bahwa orang Indonesia tidak egois hanya karena perbedaan. Demi keutuhan dan kebaikan bumi pertiwi mereka siap dalam berkontribusi dengan siapapun tanpa harus memandang dismilaritas ataupun problem diantara mereka.

Selain keunggulan istimewa dalam aspek dan potensi luar biasa dibidang pariwisata maupun prasarana yang memadai bagai suaka dunia, Indonesia memiliki kekayaan yang lebih utama dari segalanya yaitu kualitas keunggulan moral, etika, attitude, dan budi pekerti yang luhur. Sebesar dan sebanyak apapun sebuah kekayaan material, jika moralitas sangat minim semua aset itu tidak akan ada artinya.

 

Siswa kelas XI MIPA 3 MAN 3 BANYUWANGI


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog