Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » , » Banyuwangi dan Pesona Indonesia

Banyuwangi dan Pesona Indonesia

 Banyuwangi dan Pesona Indonesia

Oleh : Ira nur Yana

Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang direkomendasikan untuk dikunjungi di era New Normal. Beberapa tempat destinasi wisata diunjung timur pulau jawa yang dikenal dengan sebutan The Sunrisw Of Java telah menerima sertifikat New Normal, artinya temat tersebut dapat dikunjungi dengan beberapa ketentuan yang harus dipatuhi. wilayah yang berbatasan dengan pulau Bali ini mempunyai keanekaragaman hayati dan non hayati sangat melimpah dan dapat memanjakan mata saat melihatnya dari kejauhan ataupun dari dekat, terutama dari wisatawan mancanegara juga wisata -wisatawan domestic. Pun juga dikenal akan aneka budaya dan alamnya yang melimpah yang di kenal sampai mancanegara. Memang alam Banyuwangi terbentang ombak paling dahsyat hingga yang seakan tenang mengalir bak aliran sungai dan memiliki pesona alam yang terkenal indah. Letak Banyuwangi diujung timur Pulau Jawa sangat subur, hal ini tak lepas dari penyerapan sinar Matahari yang diserap sempurna oleh alam, pesona Banyuwangi benar benar pesonanya Indonesia. Dunia Internasional bukan hanya mengenal Bali dan beberapa tempat wisata lainnya di Indonesia, namun kini nama Banyuwangi telah mendunia dengan beberapa spot wisatanyaa yang tidak dimiliki daerah lainnya.

Daerah ujung timur Pulau Jawa ini  memiliki keajaiban dan keindahan alam yang tidak di memiliki oleh wilayah lain seperti contohnya kawah ijen yang bukan hanya menawarkan keindahan kawah, menjadikan kawah ijen berbeda dengan yang lain adalah memiliki fenomena alam blue fire atau yang sering di sebut dengan api biru yang muncul di tengah - tengah penambangan sulphur dan fenomena blue fire ini dapat kita nimakti pada saat dinihari hingga menjelang pagi hari sekitar  pukul 05.00 WIB.. Mendaki gunung dengan tingkat kemiringan hingga 90 derajat seakan terpuaskan ketika berhasil menggapai puncak kawah menjelang subuh dan menikmati pemandangan surganya Fenomena blue fire ini hanya ada dua di dunia yaitu di kawah ijen Banyuwangi dan Islandia. Maka tidak heran keberadaan si api biru ini sangat di buru para wisatawan mancanegara dan domestik. Bukan hanya terkenal dengan blue fire nya saja  tapi kawah ijen juga memiliki keindahan alam yang sangat menarik wisatawan juga seperti memiliki penambangan belerang tradisional , pesona keindahan kawah ijen dan masih banyak lagi yang dapat kita lihat dari keindahan kawah ijen.

Tak heran jika banyak produser film yang melirik keidahan dan keelokan Banyuwangi sebagai studio alamnya, terlebih dengan banyaknya budaya yang berkembang dari perpaduan berbagai suku yang hidup diwilayah ini serta budaya berbau mistis yang masih lekat disandang. Fasilitas transportasi yang mudah dijangkau dengan kendaraan udara menjadi salah satu pertimbangan menjadikan Banyuwangi sebagai tujuan aktifitas pembuatan film. Beberapa Kementerian dan Lembaga juga menjadikan Banyuwang sebagai tujuan tempat diadakannya meeting.

Takkalah menawan juga destinasi wisata alam Banyuwangi di kancah Internasional sebagaimana destinasi alam Indonesia yang sangat terkenal di kancah internasional selain Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal, pernah dinobatkan sebagai hutan bakau terbesar di dunia. Begitu juga dengan Hutan Bakau yang ada diwilayah Kabupaten Banyuwangi, ekowist mangrove yang dimiliki tidak elok indahnya dengan wilayah lain, beberapa penghargaan juga diperoleh dari ekowisata tersebut. dan masih banyak sekali spot wisata alamnya. bukan  hanya terkenal akan keindahan pariwisatanya saja melaikan juga memiliki keanekaragaman suku bangsa, adat istiadat, agama, ras, bahasa , makan ciri khas, pakaian tradisional yang sangat kental. Prospek Pertanian sebagai salah satu lumbung pangan Jawa Timur, Banyuwangi juga dikenal dengan daerah yang subur, aneka buah bak taman surge dapat tumbuh disini.

Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim dan agraris dilewati oleh garis khatulistiwa dan dikelilingi oleh dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia dan juga di kelilingi oleh dua Samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia . Hal itu dapat dibuktikan karena luas total wilayah Indonesia adalah 7, 8 juta km² yang terdiri dari 2,01juta km² daratan 3,25 juta km² lautan dan 2,55 juta km² zona ekonomi ekslusif (ZEE) dan merupakan suatu negara / wilayah dengan luas perairan lebih besar dari pada luas daratan maka karena itu lah Indonesia di sebut negara maritim . Sebagaian besar penduduk Indonesia bermatapencarian sebagai petani dan bercocok tanam maka itulah Indonesia disebut negara agraris . Maka sebab itu Indonesia kaya akan keindahan alamnya dari sabang sampai merauke dan juga kaya akan berbagai jenis flora dan fauna  asli dari Indonesia contoh flora: bunga anggrek putih , bunga bangkai, bunga raflessia arnoldii, bunga edelweiss jawa dan lain-lain fauna : harimau Sumatra, burung cendrawasih, badak bercula satu,  burung jalak bali, komodo, orang utan itu hanya lah salah satu ikon flora dan fauna di Indonesia masih banyak lagi jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia yang belum terekspos di dunia internasional. .

Banyuwangi diibaratkan seperti emas semakin di gali kedalam semakin bagus pemandangannya. Sekarang banyak acara - acara televisi yang menyenangkan atau memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia agar masyarakat tahu begitu indahnya pesona alam Banyuwangi dan Indonesia bila kita dalami, negara kita sangatlah melimpah jika  kita bisa mengelolahnya dengan baik kita bisa menikmatinya dan kita bisa menyaingi negara - negara maju di luar sana.

*Penulis adalah Siswa Kelas XI IPS MAN 3 Banyuwangi di Srono.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Semanggat sll Ira

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog