Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » , » Segudang Prestasi Baru di Era Pandemi Covid-19

Segudang Prestasi Baru di Era Pandemi Covid-19


Segudang Prestasi Baru di Era Pandemi Covid-19
Oleh : Annisa Arahma
Memikirkan tentang corona akan menimbulkan kekhawatiran dan kewaspadaan bagi seluruh lapisan masyarakat. Namun ingat makna kalimat dibalik setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Beberapa dampak positif yang membuat diri kita beruntung saat wabah corona terjadi diantaranya lebih peduli dengan kebersihan, kesehatan keluarga, keharmonisan hubungan, serta keutamaan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap sesama menjadi rutinitas baru dalam kehidupan sehari-hari selama pandemic. Pemanfaatan kemajuan teknologi digital memang sangat membantu kita dalam menjalani kegiatan selama karantina. Untuk menangkal kejenuhan, biasanya orang akan lebih sering membuka aplikasi youtube dan kemudian menonton video-video edukasi yang kemudian menjadi jembatan untuk menyadari bakat diri. Era pandemic covid 19 juga dapat menjadi kesempatan bagi orang-orang yang menyukai komunikasi dan senang berbicara didepan umum baik dengan tulisan maupun lisan, dapat mengungkapkan isi pikiran dengan cara mengangkat sebuah topic dan mengemasnya secara menarik melalui ciri khasnya melalui tulisan maupun video.

Sejak pandemic covid 19 dinyatakan dan kemudian putusan kebijakan pemerintah mengenai pelaksanaan segala kegiatan dirumah saja membuat beberapa orang baru menyadari bakat dalam dirinya yang bisa dikatakan bakat yang muncul secara tiba tiba. Adanya virus corona tidak hanya melulu membawa dampak buruk karena masih ada sisi positif yang dapat kita lihat dari pandemic ini. Kondisi pandemic mengharuskan kita berada dirumah saja demi memutus mata rantai penyebaran covid 19. Hal inilah yang bisa memicu kreatifitas otak selama dirumah saja agar tidak merasa sangat bosan. Ajang penemuan bakat, perbaikan hubungan dengan sesama keluarga, pendekatan kepada sang pencipta, dan masih banyak lagi hal lainnya yang pasti baru kita sadari selama karantina dirumah.
Yang lebih menarik, bagi orang-orang yang sudah menemukan bakatnya selama pandemic corona pengeluaran biaya hidup menjadi lebih hemat. Tentunya sisi baik kemajuan teknologi dapat mengasah kemampuan kita dalam hal memasak. Dahulu sebelum pandemi seringkali kita mengandalkan warung online untuk memenuhi kebutuhan makanan kita. Menyadari selama masa pandemi penghasilan selama bekerja menipis, tuntutan untuk hidup lebih hemat  tidak dapat kita tepis. Mencoba melakukan hal hal baru dapat mendatangkan manfaat. Mengasah kemampuan memasak tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Bakat memasak akan berkembang pesat apabila sering mencoba rutin untuk melatihnya.Meluangkan waktu sebentar untuk melakukan kegiatan yang sangat berguna tersebut juga mendatangkan kesuksesan bagi kita lho. Kegiatan memasak juga dapat mengurangi tingkat stress yang tinggi akibat kondisi pandemic.
Sisi baik yang dapat ditemukan dari covid 19 tersebut menyadarkan kita akan banyak hal. Kemampuan yang dimiliki seseorang pasti berbeda-beda karena kepuasan hidup yang didapat berasal dari pencapaian dan kesibukan tersendiri. Mencoba untuk menjadi orang yang berani dalam mengambil resiko dari tindakan yang akan dilakukan meskipun masih belum banyak informasi yang didapat. Menjadikan motivasi dari orang orang yang mudah menyesuaikan diri selama pandemic covid 19 dengan perubahan yang tanpa sedikitpun merasa kecewa. Ide-ide kreatif cenderung muncul apabila lebih sering diasah. Pandemic corona menjadi waktu yang tepat untuk melatih dan mempelajari keterampilan baru sehingga kita dapat memanfaatkan kualitas waktu dengan sangat baik. Hal kecil yang sering diacuhkan kini membuat perubahan besar dalam siklus hidup di era pandemic covid 19. Misalnya disiplin, tanggung jawab, keselarasan, pandangan ke masa depan, fokus memperbaiki diri serta emphaty (bisa merasakan perasaan orang lain).
Mencoba hal hal baru sebaiknya dijadikan candu karena kedudukan kita sebagai individu yang haus ilmu. Apalagi dimasa sekarang sedang trend menyalurkan bakat melalui pesatnya ilmu teknologi. Bagi yang ahli di bidang teknologi juga akan merasa sangat diuntungkan. Tidak ada batasan bagi siapapun untuk menunjukkan kemampuannya dalam persaingan ketenaran di social media. Yakni wadah pemusatan mudahnya seseorang berhubungan dengan orang lain hingga satu dunia dengan Informasi yang begitu cepat tersebar karena seberapa menarik keahlian dalam menunjukkan jati diri kita. Tolak ukur kesuksesan dilandasi dengan kesungguhan dalam menerima serta menjalani segala kondisi. Jangan terlalu bosan dan sibuk mengkhawatirkan sesuatu yang tidak dapat kita rubah dengan cara mengenali dan mengembangkannya.
Mencari celah diantara bayangan rasa jenuh akibat korona dapat diatasi dengan memulai dan mengatur rencana yang tertata dengan apik. Tentunya dengan mengenali informasi segudang bakat di era pandemic covid 19 yang pastinya mendatangkan keuntungan bagi diri kita. Namun ingat, segala bentuk tindakan dan kegiatan yang kita jalani harus sesuai dengan protocol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Banyaknya ilmu pengetahuan yang dibutuhkan semua orang dapat dijadikan peluang mengenalkan kemampuan yang dimiliki kepada public melalui pembuatan konten video. Bagi yang memiliki bakat dalam hal karya seni masih bisa melakukannya walaupun dengan berada dirumah saja. Menjalani keadaan baru itu seru kalau sanggup memandang sisi positifnya. Jadi, apabila dalam keadaan sekarang ini masih mengutamakan malas berarti masih belum sadar betapa hebatnya kemampuan anda yang sebenarnya sangat dibutuhkan dunia.
Pemerintah menganjurkan kita berada dirumah saja bukan untuk malas-malasan apalagi tidak melakukan apa-apa. Justru dengan dirumah saja kita bisa menjadi lebih produktif dalam menjalani segala aktivitas bermanfaat yang tidak hanya untuk diri sendiri namun juga bermanfaat bagi orang lain. Mungkin bagi yang sudah mendapat keuntungan karena usahanya selama karantina bisa mendonasikan ataupun menggalang dana bantuan bagi pihak yang ekonominya terdampak karena penyebaran virus corona yang masih belum berakhir. Manfaatkan penyaluran bakat secara digital dengan menjadi pribadi yang lebih peduli dengan sesama dan saling membantu kepada yang membutuhkan. Seperti para penyanyi tanah air yang menggalang dana untuk membantu perekonomian pihak terdampak dengan mengadakan konser online. Kegiatan tersebut adalah contoh tindakan terpuji dalam menyalurkan kemampuan yang kreatif.
Meskipun masa darurat covid 19 membatasi kegiatan dan pekerjaan jangan sampai depresi. Fokus dengan memiliki arah dan tujuan yang jelas sangat dibutuhkan. Tetap semangat jalani WFH (work from home) serta LFH (learn from home) dan tidak lupa untuk mengoreksi diri sendiri ketika terjadi penyimpangan walaupun terkadang cepat merasa bosan dengan kegiatan yang sedang kita tekuni. Ingatlah bahwa orang-orang tidak akan mengetahui apa kemampuan kita apabila kita sendiri tidak mengenalkannya kepada orang lain dan saat inilah waktu yang tepat untuk menunjukkan kemampuan yang kita miliki. Menciptakan ide kreatif pasti tidak mudah karena hal tersebut adalah bagian besar tolak ukur kesuksesan di masa depan. Kata kuncinya rajin mencoba dan memiliki pemikiran terbuka dengan menerima saran dan kritik dari orang lain. Menghargai kemampuan di dalam setiap orang yang ada tanpa meremehkan semua pihak.
Era pandemic covid 19 juga dapat menjadi kesempatan bagi orang-orang yang menyukai komunikasi dan senang berbicara didepan umum baik dengan tulisan maupun lisan, dapat mengungkapkan isi pikiran dengan cara mengangkat sebuah topic dan mengemasnya secara menarik melalui ciri khasnya. Banyak sekali bukan, bakat yang bisa disalurkan meski karantina dirumah saja? Yang pasti tetap patuhi dan jalani kebijakan pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona dengan baik.
Penulis adalah siswa Kelas XI MIPA 2 MAN 3 Banyuwangi



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Anda hebat,ayo terus berkarya

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog