Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » , » Pembelajaran Daring Anti Garing Bersama e-Learning Madrasah

Pembelajaran Daring Anti Garing Bersama e-Learning Madrasah

Pembelajaran Daring Anti Garing Bersama e-Learning Madrasah

Penyebaran virus corona memaksa siswa dan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah. Selama ini guru melaksanakan daring dengan menggunakan google classroom, google drive
atau pesan singkat dari whatsapp. Kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan beberapa aplikasi tersebut tidak bisa terpantau langsung oleh Kepala Madrasah. Sehingga Kepala Madrasah dan segenap team teknisi madrasah meluncurkan sistem e-Learning Madrasah untuk MTsN 4 Banyuwangi, yang bisa diakses dan di pantau langsung oleh Pengawas Madrsah dan Kepala Madrasah.
Hadirnya e-Learning madrasah sangat memudahkan kegiatan pembelajaran siswa dan guru di MTsN 4 Banyuwangi, di tengah hiruk pikuk melawan covid-19 saat ini. Fitur yang ada dalam e-Learning sangat lengkap, guru cukup mempersiapkan bahan ajar sesuai dengan KD yang diajarkan, siswa pun cukup memilih kelas dan mata pelajaran pada jadwal kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Dengan aplikasi ini guru dapat mengontrol perkembangan belajar peserta didik, membuat agenda dengan siswa dan sebagainya.
Berikut beberapa fitur yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan e-Learning Madrasah.
Forum Madrasah
Menu ini berguna sebagai Media Sosial Madrasah. Dalam fitur ini guru dapat berkomunikasi dan berbagi informasi dengan guru dan siswa.
Ruang Kelas
Menu ini berfungsi untuk membuat kelas baru. Kelas yang bapak ibu guru buat akan diikuti siswa yang harus guru ajar dalam satu semester dan tahun ajaran aktif,
Kalender Akademik
Menu ini menyajikan kalender akademik dalam satu semester dan tahun ajaran aktif.
Guru Berbagi
Menu ini berguna sebagai wadah untuk berbagi ide atau gagasan serta materi pembelajaran. Materi yang guru berikan dapat dipelajari oleh guru Madrasah dan siswa.
Komunikasi
Menu ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan guru lain dan mengirim pesan pribadi ke guru lain.
Ruang Kelas Anda
Panel ini merupakan fitur yang berguna untuk masuk ke ruang kelas yang telah guru buat.
Berbagi Ide dan Gagasan
Fitur ini dapat digunakan untuk berbagi ide dan gagasan. Guru dapat mem-posting gagasanya lalu guru lain dan siswa dapat berkomentar di dalam postingan tersebut.
Daftar Siswa
Pada panel ini guru dapat melihat seluruh siswa di MTsN 4 Banyuwangi.
Daftar Guru
Panel ini dapat digunakan untuk melihat seluruh guru di MTsN 4 Banyuwangi.
Lihat Profil Anda
Menu ini dapat digunakan untuk memperbaharui profil dan password akun e-Learning.
Empat bulan lebih pembelajaran daring di MTsN 4 Banyuwangi telah dilalui bersama e-Learning Madrasah. Siswa dan guru tetap aktif di rumahnya masing-masing, siswa aktif belajar dan guru aktif mengajar (Work From Home). Sehingga kegiatan pembelajaran tetap berjalan sesuai dengan target yang diharapkan oleh Madrasah.
Peserta didik merasa nyaman dalam belajar dengan menggunakan sistem e-Learning. Siswa dapat secara langsung melihat hasil belajar mereka, karena sistem penilaian secara otomatis akan terpampang di layar handphone atau laptop mereka masing-masing. Ada beberapa jenis tugas yang bisa di akses siswa, sesuai dengan tujuan pembelajaran pada saat pembelajaran berlangsung. Tugas bisa berupa CBT test, bisa dalam bentuk uraian dan pilihan ganda, bisa berupa penugasan dalam bentuk portofolio atau tanya jawab. Secara langsung, tugas di upload di ruang tugas yang sudah tersedia. Anak didik sekarang lebih cerdas dari pada gurunya tentang teknologi, sehingga keterangan yang singkat dari bapak ibu guru pun dapat dengan cepat di terima.
Penugasan yang paling di gemari siswa adalah pada fitur CBT, jika nilai kurang dari KKM maka dengan mudah guru dapat meriset pekerjaan siswa. Sehingga proses remidial dengan mudah bisa di laksanakan, peserta didik akan tertantang mengulang jika mengetahui nilainya di bawah KKM. Sangat seru, ternyata anak-anak bersemangat untuk mengulang agar nilainya mencapai KKM. Memang harus meluangkan waktu dan kesabaran hati untuk menampung kemauan siswa. Kelas daring semakin menarik jika respon siswa riuh gemuruh. Sehingga pembelajaran daring serasa hidup, dan tidak garing. Sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan sangat menyenangkan.
Sistem pembelajaran lewat e-Learning Madrasah ini, diharapkan dapat membantu siswa dan guru untuk tetap semangat belajar dan mengajar. Bersama-sama guru dan siswa aktif dalam pembelajaran, karena dalam sistem ini siswa diajak
berkomunikasi layaknya siswa berada di kelas ketika bertatap muka. Semangat baru di tahun ajaran baru bersama e-Learning Madrasah, tetap menatap masa depan yang gemilang. Pendidikan harus tetap berkibar, bersama menggapai cita dan asa. Madrasah hebat bermartabat membimbing generasi millenia yang cerdas dan berahlakul karimah. Bersama e-Learning Madrasah pembelajaran daring asyik dan menyenangkan, menggapai kualitas ilmu yang gemilang.

Oleh; Lulu’ Anwariyah, S.S
Guru Bahasa Inggris MTsN 4 Banyuwangi

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog