Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » Mabrur Tanpa Berangkat Haji

Mabrur Tanpa Berangkat Haji

Mabrur Tanpa Berangkat Haji
Oleh : Syafaat
Suatu waktu Abdullah bin Mubarok (118-181 H/726-797 M), berkeinginan pergi haji. ia bekerja keras mengumpulkan uang. iapun melaksanakan niatnya, menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Ketika sudah selesai mengerjakan berbagai tahapan ibadah haji, ia tertidur. Dalam tidurnya, ia bermimpi menyaksikan dua orang malaikat turun ke bumi. Kedua malaikat ini pun terlibat dalam perbincangan. “Berapa banyak jamaah yang datang tahun ini?” tanya malaikat yang satu kepada malaikat lainnya. “Enam ratus ribu orang,” jawab malaikat lainnya. “Tapi, tak satu pun diterima, kecuali seorang tukang sepatu bernama Muwaffaq yang tinggal di Damsyik (Damaskus). Dan berkat dia, maka semua jamaah yang berhaji diterima hajinya,” kata malaikat yang kedua. Ketika Ibnu Mubarok mendengar percakapan malaikat itu, terbangunlah ia. Ia pun berkeinginan mengunjungi Muwaffaq yang tinggal di Damsyik. Ia telusuri kediamannya dan kemudian menemukannya.
Ibnu Mubarok menyampaikan mimpi yang didapatnya. Mendengar cerita itu, maka menangislah Muwaffaq hingga akhirnya jatuh pingsan. Dan setelah sadar, Muwaffaq menceritakan bahwa selama lebih dari 40 tahun, dia berkeinginan untuk melakukan ibadah haji. Karenanya, dia pun mengumpulkan uang untuk itu. Jumlahnya sekitar 350 dirham (perak) dari hasil berdagang sepatu. Ketika musim haji tiba, ia mempersiapkan diri untuk berangkat bersama istrinya. Menjelang keberangkatan itu, istrinya yang sedang hamil mencium aroma makanan yang sangat sedap dari tetangganya. Muwaffaq pun mendatanginya dan memohon agar istrinya diberikan sedikit makanan tersebut. Tetangganya ini langsung menangis. Ia lalu menceritakan kisahnya. “Sudah tiga hari ini anakku tidak makan apa-apa,” katanya. “Hari ini, aku melihat seekor keledai mati tergeletak dan kemudian aku memotongnya, lalu kumasak untuk mereka. Ini terpaksa kulakukan karena kami memang tidak punya. Jadi, makanan ini tidak layak buat kalian karena makanan ini tidak halal bagimu,” terangnya sambil menangis. Mendengar hal itu, tanpa berpikir panjang Muwaffaq langsung kembali ke rumahnya mengambil tabungannya 350 dirham untuk diserahkan kepada keluarga tersebut. “Belanjakan ini untuk anakmu. Inilah perjalanan hajiku,” ungkapnya. Kisah ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa sesungguhnya haji adalah amal yang utama. Namun, menyantuni anak yatim, orang miskin, dan telantar merupakan amal yang lebih utama.
Jadi peningkatan komitmen sosial inilah yang menjadi kemabruran ibadah haji seseorang. Setelah pulang dari kota suci, ia menjadi pribadi yang baik, lebih terbuka, dan mementingkan dimensi sosial. Itulah sebabnya mengapa haji mabrur dipandang sebagai jihad yang utama (HR. Bukhari no.1520). kemabruran inilah yang diharapkan ada pada segiap orang yang telah melaksanakan Ibadah Haji, namun sebagimana dalam kisah tersebut diatas, bahwa ada yang memperoleh predikat mabrur meskipun tidak melaksanakan ibadah haji. Kisah diatas merupakan salah satu kisah saja, ada beberapa kisah lain yang ditulis dibeberapa kitab yang menggambarkan orang yang mendapatkan predikat Mabrur meskipun tidak berangkat haji. Tidak menutup kemunkinan calon jamaah yang gagal berangkat karena pandemi covid-19 akan mendapatkan kemabruran, kemulyaan yang tidak kalah dengan mereka yang telah melaksanakan Ibadh Haji.
Covid-19 telah membuyarkan impian ribuan orang menunaikan Ibadah Haji tahun ini, banyak diantaranya yang hidup sangat hemat untuk dapatnya menabung dan menunaikan Rukun Islam kelima tersebut, yang diwajibkan bagi yang mampu untuk melaksanakannya. Meskipun demikian, tidak ada larangan bagi yang belum benar benar mampu untuk tetap melaksanakan Ibadah Haji. Begitupun dengan yang pernah melaksanakan Ibadah Haji, ada kenikmatan rohani yang biasanya orang yang telah melaksanakan ibadah haji berharap ingin kembali melaksanakannya, meskipun ketika beribadah mereka mengalami cobaan dan ujian, mereka akan mendapatkan kenikmatan spiritual dan keimanan yang semakin tinggi. Banyak alasan bagi seseorang berangkat menunaikan rukun Islam kelima tersebut, ada yang benar benar berangat karena sudah mampu, ada juga yang berangkat karena dibiayai anaknya atau orang lain, juga yang berangkat haji dengn mengemban tugas Negara sebagai petugas haji.
Pandemi ini bukan hanya membatalkan pemberangkatan haji tahun ini, namun juga berimbas pada antrian bagi pendaftar haji yang ingin mendapatkan nomor porsi. Animo masyarakat yang ingin berangkat haji dengan dibuktikan dengan semakin lamanya antrian untuk mendapatkan nomor porsi tersebut membuktikan bahwa kesadaran masyarakat untuk melaksanakan salah satu kewajibannya dalam beragama semakin tinggi, begitu juga dengan kewajiban yang berkaitan dengan peningkatan komitmen sosial dari Ibadah haji tersebut. Tidak ada jaminan bagi jamaah haji yang mengalami penundaan keberangkatan karena covid-19 dapat berangkat seluruhnya tahun ini. Hal ini terkait dengan Istithaah Kesehatan calon jamaah haji yang mungkin akan ada perubahan pada tahun yang akan datang.
Peningkatan komitmen menjadi lebih baik diperlukan bukan hanya kepada orang yang telah melaksanakan Ibadah Haji, namun juga kepada mereka yang telah mendaftar dan menunggu antrian untuk berangkat haji, karena kemabruran bukan hanya didapatkan dari mereka yang telah melaksanakan haji, namun juga bisa didapatkan dari mereka yang benar benar ikhlas mementingkan dimensi sosial bagi sesama tanpa menunggu keberangkatan haji yang belum tentu dapat dilaksanakan karena kondisi.

Penulis adalah Penyusun Bahan Pembinaan Keluarga Sakinah Kemenag Kab Banyuwangi


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog