Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » MIN 3 BANYUWANGI SUKSES GELAR HAB KEMENAG KE-74

MIN 3 BANYUWANGI SUKSES GELAR HAB KEMENAG KE-74


Di awal tahun baru, tepatnya pada 3 Januari 2020 ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, kembali mengadakan kegiatan yang diadakan secara rutin seperti tahun-tahun sebelumnya yakni peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74. Kali ini yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah MI Negeri 3 Banyuwangi. Bentuk kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) kali ini seperti biasanya, yakni upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan Stadion Jajag.Peserta kegiatan ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi yang mencapai ribuan pegawai dan karyawan.Baik PNS yang berdinas di Kantor Kemenag Kabupaten Banyuwangi di jalan Adi Sucipto No. 112 Sobo Kecamatan Banyuwangi, maupun PNS yang berdinas di satuan kerja (satker) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), Madrasah Aliyah Negeri (MAN), dan Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Kabupaten Banyuwangi. Para abdi Negara ini hadir sejak pagi sesuai dengan undangan yang telah disebar beberapa hari sebelumnyadi unit kerja masing-masing.
Perhelatan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama tahun initampak kelihatan lebih megah dan meriah.Indikasinya pertama adalah megahnya kegiatan.selain dilaksanakan di tanah lapangan hijau dan luas, tampak panggung utama yang begitu besar dan megah, dengan pernak-pernik aksesoris dekorasinya. Berlatar belakang baner yang cukup besar memuat tulisan identitas dan tema kegiatan, ada juga rangkaian bunga janur kuning melengkung yang indah dan bernilai seni tinggi terpasang di sisi samping kanan-kiri panggung, dan diapit dua terop tempat khusus para undangan,serta sound systemnya yang juga tidak kalah mewahnya, menambah kesan panggungnya tidak hanya megah, tetapi juga indah dipandang mata. Indikasi kedua adalah kemeriahan kegiatan. Kemeriahan ini tampak pada kegiatan pra-acara, yakni penampilan-penampilan kreasi seni suguhan dari tuan rumah MIN 3 Banyuwangi. Diawali dengan kirab drum band yang kompak dan keren, kemudian penampilan tari-tarian yang menawan, dan yang tidak kalah keren dan membanggakan adalah penampilan rumah teater siswa-siswi MIN 3 Banyuwangi. Wow…keren sekali pokoknya. Oya, ada juga penampilan artis kebanggaan Banyuwangi asal Jajag, Demy, yang membawakan single hitnya, Kanggo Riko, ikut memeriahkan gelaran peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agamakali ini, yang tidak hanya megah, meriah tapi juga sukses.
Dengan dua indikasi kesuksesan yang telah dicapai oleh MIN 3 Banyuwangi sebagai tuan rumah, selayaknya diberi acungan jempol dan selamat atas kekompakan, kerja sama, dan kerja kerasnya demi suksesnya acara pagi tadi. Kesuksesan MIN 3 Banyuwangi ini ternyata didukung penuh oleh  segenap komite dan paguyupan wali murid yang terlihat tidak mau kalah sibuknya di lapangan, dengan memakai seragam batik bunga berwarna merah, mereka terlihat cukup antusias dan semangat dalam membantu panitia menyiapkan segala sesuatunya, khususnya pada penampilan kreasi seni pada sesi pra acara inti.
Sebagai tuan rumah, madrasah yang terletak di kelurahan Jajag Kecamatan Gambiran ini tidak menyia-yiakan kesempatan ini untuk unjuk kebolehan dan program unggulan madrasahnya di depan para pejabat dan seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi yang hadir.
Tepat pada pukul 07.30, acara inti upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB)Kementerian Agama ke-74 dimulai.Dibuka oleh seorang ibu muda bersuara merdu sebagai MC, salah satu guru MIN 3 Banyuwangi ditunjuk sebagai pemimpin upacara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi sebagai inspektur upacara, dan petugas do’a dari salah satu Kantor Urusan Agama (KUA). Upacara berjalan dengan penuh hikmat dan disiplin.
Dalam sambutannya, Kepala KantorKementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Drs. H. Slamet, M.H.I., mengajak dan menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi untuk bekerja lebih semangat dan profesional dalam melaksanakan tugas dan pelayanan. Beliau juga mengajak, dalam momentum peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74 tahun ini untuk merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. “Inilah mengapa kita berkumpul pada pagi ini, di sini, kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu”.jelasnya di tengah-tengah sambutannya.
Ajakan Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi ini kiranya tidak berlebihan dan justru harus semestinya seperti itu.Sebagai generasi penerus, sepatutnya kita menghargai jerih payah perjuangan para pendahulu kita, dalam hal ini para pendahulu, pendiri dan penggagas lahirnya Kementerian Agama yang sebelumnya disebut departemen agama.
Dalam catatan sejarah, pendirian Kementerian Agama sempat mengalami penolakan.Mayoritas peserta Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menolak usul Mohammad Yamin terkait pembentukan Departemen Agama (Depag).Waktu itu, Yamin mengusulkan perlu dibentuk departemen istimewa yang terkait urusan agama, yakni Departemen Islamiyah. Departemen ini, kata Yamin, akan memberi jaminan kepada umat Islam yang merupakan penduduk mayoritas di Indonesia. Namun, usul pembentukan Departemen Islamiyah tidak memperoleh respon yang cukup dari peserta sidang BPUPKI.Usulan ini dianggap kurang mempresentasikan kondisi bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan agama.Yamin kembali melontarkan gagasannya dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), badan pengganti BPUPKI, Namun gagasannya lagi-lagi kandas.Alasan sebagian besar yang menolak pendirian Departemen Agama (Depag) pada waktu itu adalah karena mereka berpendapat bahwa keberadaan departemen yang khusus mengurusi agama dianggap masih belum terlalu penting. Persoalan agama masih bisa dinaungi oleh kementerian lain, seperti Kementerian Pendidikan atau Kementerian Dalam Negeri. Upaya berikutnya, dalam sidang pleno Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang merupakan cikal-bakal parlemen atau DPR, tokoh-tokoh Islam kembali menggaungkan gagasan tersebut.Salah satu tokoh yang paling vokal kala itu adalah H.M. Saleh Su’aidy, seorang tokoh Masyumi Banyumas. Beliau menyerukan dengan lantang apa yang pernah dilakukan oleh Muhammad Yamin pada sidang BPUPKI dan sidang PPKI, yakni mengajak semua elemen bangsa terutama tokoh-tokoh islam lainnya, untuk mendukung berdirinya departemen agama yang mengurusi tidak hanya agama islam saja tetapi seluruh agama yang diakui dan dilindungi di Indonesia.Dan akhirnya, Sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) secara aklamasi menerima dan menyetujui pembentukan Kementerian Agama.Pemerintah mengeluarkan ketetapan resmi tertanggal 3 Januari 1946, sebagai lahirnya Departemen Agama Republik Indonesia dan sebagai Menteri Agama RI yang pertamaadalah H.M. Rasjidi.
Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, dalam sambutannya juga mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk selalu menjaga kerukunan umat (beragama).“Sesuai dengan tema Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74 tahun ini, umat rukun Indonesia maju, mewakili Bapak Menteri Agama Republik Indonesia, mari kita tingkatkan kerukunan diantara kita, rukun sesama saudara, rukun sebagai warga negara dan antara agama”ajaknya dalam sambutan dengan logat osingnya.
Terakhir kalinya Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, juga tidak henti-hentinya memberi semangat dan pujian, bahwa kita, ASN kementerian Agama adalah orang-orang yang hebat dan juga mengucapkan rasa terima kasihnya yang mendalam atas kerja keras panitia, dalam hal ini, MIN 3 Banyuwangi selaku tuan rumah dalam menyukseskan kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74 tahun ini. “sekali lagi, bapak ibu yang hadir di sini adalah orang-orang hebat, teruskan pengabdian bapak ibu kepada bangsa ini, dan juga tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran guru, komite, dan wali murid MIN 3 Banyuwangi dalam meyiapkan dan menyukseskan kegiatan pagi hari ini. Saya kira acara di sini yang cukup sukses dan meriah.Semoga menjadi ibadah di mata Allah Swt. Sekali lagi terima kasih.Madrasah hebat bermartabat!”sambutnya dengan penuh semangat.

#LombaNulisBerita
#HabKemenagKe-74
#KantorKemenagKabupatenBanyuwangi
#KemenagJatim
#Kemenag_RI
#TheSunRiseOfJava


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog