Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » LELAKI BAYANGAN DI UPACARA HAB KEMENAG KE 74 .

LELAKI BAYANGAN DI UPACARA HAB KEMENAG KE 74 .


" Have you a breakfast? " tanya kami  rombongan peserta upacara dari MTsN 1 Banyuwangi dalam bahasa  inggris  yang kaku.
"Belum,tidak terbiasa. Masih terlalu pagi. " Jawabnya dengan bahasa Indonesia  yang berlogat asing. Ha ha.. Penasaran kan siapa dia yang kami sapa ?
Mr. Jon, begitu dia biasa dipanggil.  Adalah native speaker dari peace corp. Indonesia (sebuah lembaga independen AS untuk negara-negara dunia ketiga dalam bidang pengembangan masyarakat.) yang akan membayangi kegiatan di madrasah kami MTsN 1 Banyuwangi sampai dua tahun  mendatang.
          Seperti pagi ini, hari Jumat 3 Januari 2020 saat seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah  kami mengikuti upacara HAB Kemenag bersama dengan seluruh  ASN lainnya yang berada di bawah  naungan Kemenag Banyuwangi,Mr. Jon ikut bersama kami dengan penuh semangat.Meski sempat terjadi  miskomunikasi karena mr. Jon mengira kegiatan ini diadakan  jam lima sore. Sehingga saling menunggu sempat terjadi. Alhamdulillah rombongan kami tidak terlambat tiba di tempat  upacara.
          Upacara HAB Kemenag tahun ini diadakan di Stadion Ahmad Yani Jajag Gambiran. Merupakan Pengalaman  pertama  (penulis) menjejakkan kaki di sana. Lapangan  dengan rumput hijau dan mentari yang bersinar terang menyambut kehadiran para peserta  upacara disana.
Mr. Jon dengan gaya khas nya menggunakan kacamata  unik yang membuat nya semakin berbeda.
Seperti mr. Jon, Kami pun takjub dengan pagelaran kolosal yang disajikan  sebelum upacara dimulai.  Mengisahkan  keberagamaan bangsa Indonesia dengan etnik budaya yang unik namun tidak menjadikan nya sebagai unsur  pemecah bangsa melainkan  sebagai pemersatu  bangsa.
Sesuai dengan Judul tari kolosal Siswa MIN 3 jajag "Satu nafas satu Jiwa. " Seperti itulah mr. Jon dan madrasah  kami nantinya. Meski berbeda kultur budaya, bahasa dan bahkan ras ,dua tahun kedepan kami harus bersinergi menciptakan  suasana  belajar bahasa inggris  yang menyenangkan bagi siswa kami untuk  mencapai kompetensi akademik yang diharapkan.
          Kemeriahan semakin terasa saat Demy artis lokal Banyuwangi yang tak usah  diragukan lagi keunikannya dalam membawakan lagu Banyuwangi ikut hadir. Demy membawakan lagu "Kanggo Riko" Sebuah single andalannya yang enak didengar.
Luar biasa suguhan pra upacara HAB Kemenag di tahun ini.  Hadirnya Demy membawakan lagu sebagai wali murid MIN 3 Jajag menunjukkan kesuksesan MI ini dalam menggalang komunikasi dan kerjasama yang baik antara madrasah dan orangtua siswa.
Harapan kami untuk  hal yang sama pada Madrasah  kami.
          Amanat dari menteri agama yang dibacakan oleh Bapak Haji Slamet,MHI, Kepala Kemenag Banyuwangi selaku inspektur upacara mengingatkan kami untuk berhati hati terhadap  segala jenis gerakan radikalisme dalam  agama.
Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke 74 diakhiri dengan doa untuk Bangsa Indonesia  umumnya dan Banyuwangi khususnya.
Kami pun bergerak serentak  membubarkan diri menuju kendaraan kami dan rombongan.
Umat Rukun Indonesia  Maju demikian tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 74 tahun 2020.
Bersama kita bangun Indonesia menuju lebih baik dalam keberagamaan dengan menjaga kerukunan  umat.
Hadirnya mr. Jon di madrasah kami menghadirkan warna berbeda dan insya allah akan membawa perubahan  yang lebih baik bagi madrasah kami.
Hadirnya mr. Jon di madrasah kami adalah bukti bahwa perbedaan budaya bukanlah halangan bagi kami untuk bekerjasama dan berkarya. Saling menghormati, memberikan toleransi adalah aturan dasar agar kami dapat bersinergi.
Selamat Hari Amal Bakti ke 74 Kementerian Agama Republik Indonesia.
Selamat datang mr. Jon ! Lelaki bayangan yang akan hadir membayangi kegiatan MTsN 1 Banyuwangi untuk dua Tahun mendatang.
NamaPenulis : Kur Asriatun
Jabatan : Guru Matematika 
Satua Kerja : MTsN 1 Banyuwangi

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog