Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » Dialog Lintas Agama Kemenag Kab. Banyuwangi

Dialog Lintas Agama Kemenag Kab. Banyuwangi

Tokoh lintas Agama dan FKUB (Forum Komonikasi Umat beragama) melakukan Dialog Lintas Agama di aula bawah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Kamis (28/11) dengan mengangkat issu krusial yang berkembang di masyarakat. Kepala Kantor Kementerian Aghama Kabupaten Banyuwangi H. Slamet ketika membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dialog lintas Agama, baik formal maupun non formal sangat diperlukan untuk mempertahankan harmonisasi dalam bermasyarakat. “Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri diatas keaneragaman suku, Ras, dan Agama, Jauh sebelum Negara ini terbentuki, keaneragaman dalam kesatuan tersebut sudah terbentuki” ungkapnya. Lebih lanjut H. Slamet menyampaikan bahwa semua Agama menjunjung tinggi rasa kemanusiaan.
Lebih lanjut H. Slamet menyampaikan bahwa dalam penyelesaiaan permasalahan  antar umat beragama di Kabupaten Banyuwangi mengedepankan pendekatan kekeluargaan. “penyelesaian pendekatan kultur sebelum struktur akan lebih cepat dalam penyelesaian masalah” ungkapnya.
Dialog berjalan dengan lancer dengan dipandu dari Humas Kemenag Kabupaten Banyuwangi. Bererapa tokoh menyampaikan berbagai macam hal yang berkaitan dengan peningkatan pemahaman keagamaan dan kerukuran umat beragama. Seperti yang disampaikan h dimyati, Kasi Pendidikan Agama Islam yang menyoroti masih adanya beberapa sekolah yang belum menyediakan Guru Agama yang sesuai dengan keyakinan agamanya. “Guru Agama Islam harus begarama Islam, Guru Agama Hindu juga harus beragama Hindu, begitu juga Guru Agama yang lain yang harus sesuai dengan keyakinannya” ungkapnya.
Sementara itu P Yos, dari Tokoh Katholik juga menyampaikan pentingnya pemahaman keberagaman beragama sejak dini,

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog