Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » Workshop Pengembangan Kurikulum

Workshop Pengembangan Kurikulum



 Sejumlah 50 Guru yang membidangi kurikulum mengikuti Workshop Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran bagi Guru RA, MTs dan MA yang diselenggarakan kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi di aula Madrasah tsanawiyah negeri 10 Banyuwanhgi di Kecamatan Rogojampi Rabu (21/8).Dalam kegiatan tersebut disamping Wrokshop yang dilaksanakan sehari tersebut, juga ditindak lanjuti dengan pendampingan selama 5 hari oleh Pengawas Madrasah. “Setiap 5 lembaga akan didampingi oleh seorang pengawas” Ungkap Zaenal Abidin, Kasi Pendidikam Madrasah selaku Ketua Panitia. 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya peningkata mutu pendidikan di Madrasah dan Raudlotul Athfal.Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Slamet ketika membuka acara dan memberikan materi tentang kebijakan pemerintah tentang pengembangan kurikulum menyampaikan bahwa madrasah harus bijak dalam pengembangan kurikulum, sehingga pengembangan kurikulum harus disesuaikan dengan kondisi anak. 

Lebih lanjut Slamet menyampaikan bahwa sebagaimana hymne Madrasah yakni “Madrasah tumpuan harapan umat membentuk jiwa berakhlaqul karimahMenjawab arus tantangan zaman menjadi runtuhnya moral” ungkapnya. Slamet berharap Guru RA dan Madrasah benar benar menjaga marwah lembaga pendidikan sehingga harapan agar Madrasah dapat menjawab arus tantangan zaman dapat benarb benar terwujud.Mengenai pengembangan Kurikulum, Slamet menyampaikan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan didalam kelas maupun diluar kelas merupakan satu kesatuan yakni proses belajar mengajar, karenanya Guru bukan hanya mengajar, tetapi mempunyai tugas mendidik. “Guru dalam akronim jawa adalah digugu dan ditiru, karenanya Guru madrasah harus jadi panutan dan menjadi pelopor dalam kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu para Narasumber yang menyampaikan materi antara lain, Agus Santoso, Ketua Pokjawas kemenag Kabupaten Banyuwangi menyampaikan stategi pengembangan kurikulum yang dapatb diterapkan di madrasah, sementara narasumber lainnya Badrus menyampaikan Strategi pembelajaran Raudlatul Athfal dan pengembangan bahan Ajar di Raudhatul Athfal.Para peserta antusias dalam mengikuti Workshop yang dilaksanakan secara terpadu tersebut, sebagaimana disampaikan Ika Hermawati, Waka kurikulum Madrasah Ibrahimy Aliyah Secang kecamatan Kalipuro, menyampaikan bahwa Workshop yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di Madrasah, terutama di Madrasah swasta. “Model Workshop yang dilaksanakan dengan klasikal ditambah pendampingan selama lima hari ini sangat membantu dalam pengembangan SDM dan Madrasah” ungkapnya. 

Guru Cantik ini sangat berterimakasih kepada kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi yang secara continue memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap Lembaga Madrasah yang berada dibawah pembinaannya. Bu. Ika (Panggilan akrabnya) juga menyampaikan banyak terimakasih terhadap inovasi layanan yang diberikan kepada Madrasah, seperti penggunaan E-SPJ, pemberian Sertifikasi dan Insentive yang diberikan setipa bulan dll "dengan pencairan sertifikasi dan insentive setiap bulan sangat membantu dalam peningkatan kesejahteraan para guru" ungkapnya. 


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog