Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » Sosialisasi Pendidikan Kependudukan Bagi Kepala MA/SMA/SMK di Banyuwangi.

Sosialisasi Pendidikan Kependudukan Bagi Kepala MA/SMA/SMK di Banyuwangi.


Komposisi Penduduk adalah pengelompokan susunan penduduk suatu Negara atau suatu wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Ledakan jumlah penduduk yang tidak terkendali mengakibatkan berbagai dampak sosial yang juga akan berdampak pada sektor lainnya. Hal ini disampaikan Sugeng Fajar, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Pergerakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ketika menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pendidikan Kependudukan yang dilaksanakan di Aston Hotel dan Resto Centre Banyuwangi Selasa (16/7)
Sementara itu narasumber dari Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Syafaat menyampaikan materi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dimana dalam materi yang disampaikan analis data dan Informasi pendidik dan tenaga kependidikan Kementerian Agama tersebut disamping memberikan materi Pendewasaan Usian Perkawinan, juga memberikan materi pencegaran anemia pada Remaja serta Kesehatan Reproduksi. “Remaja adalah calon ibu yang harus mempersiapakan diri baik lahir baupun batin agar dapat melahirkan generasi cerdas” ungkapnya.

Remaja pada usia sekolah harus dipersiapkan fisik dan mentalnya agar dapat melahirkan putra dan putri yang berkwalitas, karenanya menjaga reproduksi dan mencegah remaja putrid dari gejala anemia sangat diperlukan agar nantinya benar benar dapat menjadi Ibu yang sehat lahir maupun batin. Hal ini disampaikan Syafaat yang juga Fasilitator pencegahan anemia pada Remaja Putri di kabupaten Banyuwangi, Syafaat juga berharap program minum TTD (Tablet Tambah Darah) yang dilaksanakan disekolah sepekan sekali tetap dilaksanakan agar remaja terbiasa melakukan minum TTD tersebyut ketika tidak berada di sekolah.
Pada kesempatan tersebut para Kepala Madrasah dan Kerpala Sekolah di Kabupaten Banyuwangi banyak melakukan diskusi tentang perkembangan remaja terutama yang berkaitan dengan pendidikan. “anak anak hanya 8 Jam berada di Sekolah, dan selebihnya berada dirumah, karenanya peran orang tua dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap perilaku Remaja” ungkap Endang, Guru BK pada SMAN 1 Glagah. Beberapa gutru juiga banyak berharap adanya kerjasama dari berbagai pihak terkait penanggulangan kenakalan Remaja ini, karena kenakalan Remaja bukan hanya tanggung Jawab Guru di Sekolah, namun tanggung jawab kita bersama.
“Selama ini kita sering mambahas masalah kenakalan Remaja, namun sangat jarang membahas masalah kenakalan orang tua” Ungkaop samsul, Guru Geografi SMAN 1 Banyuwangi. Samsul juga menyampaikan bahwa peran orang tua sangat penting dalam perkembangan anak dan remaja, karena kenakalan remaja tidak dapat dilepaskan dengan peran orang tua dalam memdidik anak anaknya.

Dalam Kesempatan tersebut Syafaat banyak mengupas masalah peran Ibu dalam mendidik anak anaknya. “Ibu adalah Madrasah atau lembaga pendidikan [pertama bagi anak anaknya” ungkapnya. Karenanya petran ibu sangat penting bagi perkembangann mental dan kecerdasan putra putrinya,k karenanya dalam islam Menuntut Ilmu meripakan kewajiban bagi kaumj Muslim laki laki maupun Muslim Perempuan, sedangkan kewajiban untuk mencari nafkah merupakan kewajiban bagi seorang suami. “Tidak ada kewajiban mencari nafkah bagi seorang istri, namun tidak ada larangan, karenanya tugas utama seorang istri adalah menjadin ibu bagi anak anaknya” Ungkap Ketua kloter jamaah haji Kabupaten Banyuwang8i tahun 2017 ini. 

Sementara Itu narasumber dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Sutenang lebih menekankan pada sinergi kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah maupun Madrasah. Kasi SMK tersebut mengajak pada seluruh Kepala Sekolah dan para Guru BK yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk bersama sama meningkatkan kwalitas sumber daya manusia sesuai dengan bidangnya masing masing. 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kenakalan remaja dikarenakan ketidak berhasilan orangtua dalam mendidik anaknya,
Maka dari itu sangat pentinglah peran ortu dalam menjadikan putra putri yg baik dan ter arah

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog