Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » KUNJUNGAN PUSLITBANG KEMENTERIAN AGAMA DI PAROKI MARIA RATU DAMAI BANYUWANGI

KUNJUNGAN PUSLITBANG KEMENTERIAN AGAMA DI PAROKI MARIA RATU DAMAI BANYUWANGI


KUNJUNGAN PUSLITBANG KEMENTERIAN AGAMA
DI PAROKI MARIA RATU DAMAI BANYUWANGI



Bertempat  di Pastoran Paroki Maria Ratu Damai Banyuwangi, tim Puslitbang Lektur Keagamaan Kamis (20/6) melakukan kunjungan berkaitan dengan penelitian Khazanah Kebudayaan yang dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 23 Juni 2019. Pada kesempatan kali ini, Tim Puslitbang yang dipimpin Dr. Deden Burhanudin didampingi oleh Analis Data dan Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag Kab. Banyuwangi, Syafaat, dan Staf Penyelenggara Katolik, Maghdalena Intan ReVanda. disambut oleh Ketua Dewan Paroki Maria Ratu Damai Banyuwangi,  Arnoldus Yansen, beserta dengan salah seorang pengurus dewan Paroki, Yoseph Sumiyatna.
Dr.Dede Burhanudin atau yang akrab dipanggil Kang Dede menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya kepada pihak Gereja. “Kami melakukan penelitian tentang inventarisasi folklor (cerita) yang berkembang di agama-agama tentang kesalehan dan kebaikan dalam agama tersebut. Hal ini dilakukan agar memudahkan dalam melakukan pemetaan seluruh Indonesia yang berkaitan dengan khazanah kebudayaan dan agama” ungkapnya.
Mendengar penjelasan tersebut, pihak dari Paroki Maria Ratu Damai menanggapi hal tersebut dengan positif. Mereka berupaya untuk menjelaskan sejarah perkembangan dari Gereja Paroki Maria Ratu Damai sampai saat ini. “Semoga hal yang kami sampaikan dapat membantu dalam melengkapi penelitian dan juga akan bermanfaat dikemudian hari” ungkap Arnoldus Yansen.
Dengan adanya penelitian ini akan membantu untuk lebih mengenalkan mengenai sejarah dan nilai-nilai kebudayaan yang beragam yang ada di Indonesia, yang mungkin masih belum diketahui oleh kita semua. Besar harapan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebuah buku yang dapat dinikmati oleh para pembacanya, sehingga dapat menambah wawasan mengenai Khazanah kebudayaan yang ada di Indonesia.
Setelah diterima di Pastoran, Tim Litbang melanjutkan penelitian di Gereja Maria Ratu Damai. Kang Dede sempat terkesima dengan Remaja Gereja yang sedang memainkan beberapa alat music gereja dimana mereka juga memainkan musik keroncong. “saat ini banyak anak muda yang “alergi” dengan keroncong, namun di Banyuwangi keroncong masih diminati remaja” ungkapnya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog