Selamat Datang di Warta Blambangan

Pages

Home » » MTs Mambaul Huda Siap Sambut Adiwiyata

MTs Mambaul Huda Siap Sambut Adiwiyata



Madrasah tsnawiyah Mambaul Huda yang beradadibawah naungan dan dilingkungan Pondok Pesantren Mambaul Huda Kecamatan tegalsari siap menyambut Tim SupervisiAdiwiyata Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019. Hal ini disampaikan Nurul Huda, Kepala Madrasah Swasta Mambaul Huda, Ahad, (17/3) ketika bersama siswanya kerja Bakti membersihkan kampus mereka menyambut tim Adiwiyata.
Madrasah dengan seribu lebih siswa tersebut tahun ini siap menjadi Madrasah Adiwiyata, iklim sejuk Madrasah yang berada di perdesaan sangat mendukung bagi terciptanya Madrasah hijau. “Madrasah kami siap mengikuti Adiwiyata, setiap pekan diadakan ro’an untuk kebersihan lingkungan madrasah” ungkap Nurul Huda.
Verifikasi tehnik lapangan bagi calon Sekolah dan Madrasah Adiwiyata Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019 akan dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai dengan 28 Maret 2019. Setiap tim yang dibentuk oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi terdiri dari lima orang yang akan memverifikasi terhadap semua Sekolah dan Madrasah dari tingkat dasar sampai tingkat atas/aliyah yang ada di Banyuwangi yang tahun ini sejumlah 45 Sekolah/Madrasah.
    Menurut peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata mengatakan bahwa sekolah adiwiyata ialah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dan program adiwiyata ialah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

           Adiwiyata memiliki pengertian atau makna sebagai salah satu tempat yang baik dan juga ideal yang diperoleh segala ilmu pengetahuan dan beragai norma serta etika yang menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita untuk menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Sekolah/Madrasah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah, dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat disekitar sekolah menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh dan sangat mendukung bagi kelancaran kegiatan belajar mengajar. ADIWIYATA berasal dari bahasa sangsekerta, dari kata Adi dan Wiyata yang berarti Adi (besar/agung/baik/ideal/sampurna) sedangkan wiyata (dimana orang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika). ADIWIYATA berarti Tempat yang besar, agung, baik dan indah yang digunakan untuk mendapatkan ilmu pengetahun, norma dan etika.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaga kesopanan dalam komentar

 
Support : Copyright © 2020. Warta Blambangan - Semua Hak Dilindungi
Modifiksi Template Warta Blambangan
Proudly powered by Syafaat Masuk Blog